Saat Diet, Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas

Selain tidak boleh memakan jenis makanan berlemak, Anda yang sedang menjalankan diet dianjurkan untuk tak menyimpan makanan ini di kulkas.
, Majalah Kartini | 01/02/2017 - 07:04

 

Saat Diet Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas

MajalahKartini.co.id – Jika Anda sedang ingin tampil lebih langsing dan menurunkan berat badan, memilih makanan yang sehat dan tepat merupakan salah satu cara efektifnya. Oleh sebab itu, pilih-pilih dengan cermat stok makanan Anda di kulkas.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of the Association for Consumer Research menunjukkan bahwa kebanyakan dari kita cenderung makan berlebihan ketika mengonsumsi makanan berlabel ‘sehat’. Makanan seperti ini pun kerap dipilih untuk mengisi kulkas. Padahal mungkin nyatanya tidak selalu demikian.

“Pilih dengan cermat makanan apa saja yang bisa Anda simpan di rumah. Jika Anda tidak memilikinya di kulkas, maka Anda tidak akan memakannya, sesederhana itu,” ungkap nutrisionis sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sarah Krieger, RD.

Dikutip dari Prevention, berikut 4 makanan yang sebaiknya tak boleh Anda simpan di rumah ketika Anda sedang ingin menurunkan berat badan:

1. Kentang goreng beku

Menurut Krieger, sebagian besar produk kentang beku adalah produk olahan sehingga cenderung memiliki kandungan garam dan lemak yang tinggi. Salah satu studi dari Harvard University juga menemukan bahwa konsumsi asupan ini bisa membuat Anda mudah naik berat badan.

Dibandingkan membeli dan mengonsumsi kentang goreng beku, Anda lebih dianjurkan untuk membuat kentang goreng rumahan. Dengan begitu, bahan kentang yang Anda konsumsi lebih segar dan tambahan garam berlebihan pun bisa Anda cegah.

2. Mayones

Bisa memberikan citarasa unik tambahan, mayones kerap menjadi ‘penghuni’ utama kulkas. Nyatanya mayones memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan, lebih baik ganti tambahan mayones dengan mustard.

3. Daging olahan

Beberapa waktu lalu, World Health Organization (WHO) pernah mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa daging olahan termasuk kategori karsinogenik atau pemicu kanker. Daging jenis ini juga memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Selain memicu peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan juga tak dianjurkan untuk banyak-banyak mengonsumsi asupan ini.

4. Es krim

Memiliki rasa yang creamy dan segar, orang seringkali lupa diri saat mengonsumsi es krim. Padahal ini merupakan salah satu jenis asupan yang mengandung tinggi kalori. Selain itu, beberapa rasa es krim tertentu juga diketahui memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi.

Dibanding menyimpan es krim, Anda lebih dianjurkan untuk menyimpan buah segar dan yoghurt Greek. Kombinasi yoghurt dan buah dinilai lebih menyehatkan dari segi nutrisi menurut Krieger. (Foto: cloudinary.com)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: