Raih 12 Manfaat dari Segelas Air Putih Hangat

Selain sangat penting untuk tubuh kita karena sebagian banyak tubuh merupakan cairan, ternyata masih banyak sekali manfaat lain dari minum air hangat.
, Majalah Kartini | 19/01/2017 - 07:12

air hangat

MajalahKartini.co.id – Air memang amat sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia sehari-hari. Anda mungkin pernah mendengar juga bahwa untuk menjaga metabolisme tubuh. Namun, apakah Anda tahu bahwa segelas air hangat memiliki beberapa manfaat lebih dibanding air dingin?

Manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan sangat banyak sekali. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang sudah dicampurkan dengan gula. Air yang sehat adalah air hangat, murni, jernih dan tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Berikut adalah 12 manfaat dari air hangat yang rutin diminum setiap hari bagi tubuh, seperti yang dikutip dalam situs Lifehack, Rabu (18/1).

1. Menurunkan berat badan

Air hangat sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh, apalagi jika Anda ingin mencoba untuk menurunkan berat badan berlebih. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memulai metabolisme tubuh di pagi hari dengan segelas air panas dan lemon. Sebagai bonus tambahan, air panas akan membantu untuk memecah jaringan adiposa (alias lemak tubuh) dalam tubuh Anda.

2. Membantu hidung dan tenggorokan tersumbat

Minum air hangat adalah obat alami yang sangat baik untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat dapat melarutkan dahak dan juga membantu untuk melegakan saluran pernapasan Anda dan hidung yang tersumbat.

3. Mengurangi kram saat menstruasi

Air hangat juga dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit bila kram datang di kala masa menstruasi. Suhu panas dari air hangat memiliki efek menenangkan pada otot-otot perut, yang akhirnya dapat membantu meredakan kram.

4. Detoksifikasi tubuh

Air hangat juga dapat membantu proses detoksifikasi. Ketika Anda minum air hangat, suhu tubuh Anda mulai naik, yang menghasilkan keringat. dan membersihkan racun dari tubuh Anda. Untuk hasil yang optimal, tambahkan perasan lemon sebelum minum.

5. Mencegah penuaan dini

Minum air hangat juga membantu untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan meningkatkan elastisitas kulit Anda. Hal ini dapat terjadi karena metabolisme tubuh bekerja dengan baik setelah asupan air hangat membawa dampak positif pada tubuh.

6. Mencegah jerawat

Air panas membersihkan tubuh Anda dan menghilangkan kotoran penyebab infeksi yang dapat mengakibatkan jerawat.

7. Kesehatan dan vitalitas rambut

Minum air hangat juga dapat mengaktifkan ujung syaraf pada area akar rambut. Hal ini juga dapat mengembalikan vitalitas alami rambut Anda.

8. Memperlancar pertumbuhan rambut

Tubuh yang sehat dan bersih dari gangguan karena rutin minum air hangat, dapat membuat proses pertumbuhan rambut lebih lancar tanpa gangguan.

9. Mencegah ketombe

Air hangat membuat kulit kepala Anda terhidrasi dan membantu memerangi permasalahan kulit kepala kering atau ketombe.

10. Memperlancar sirkulasi darah

Manfaat lain yang penting dari minum air hangat adalah dapat memperlancar sirkulasi darah pada tubuh,. Selain itu, air putih hangat juga dapat menjaga sistem syaraf pada tubuh bekerja normal.

11. Proses pencernaan

Air hangat sangat bermanfaat untuk pencernaan. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makan dapat mengeraskan minyak yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat menimbulkan penimbunan lemak pada dinding dalam usus Anda dan berbahaya. Namun, jika Anda mengganti segelas air dingin dengan air hangat, Anda dapat menghindari masalah ini.

12. Gerakan usus

Berbicara pencernaan, air hangat dapat membantu membuat gerakan usus lebih lancar. Dehidrasi dapat mengakibatkan masalah kronis seperti sembelit. Untuk itu selalu disarankan untuk Anda mengkonsumsi segelas air hangat setiap pagi saat perut Anda kosong, untuk melarutkan setiap sisa bahan makanan yang tertinggal dan tercerna dengan baik. (Foto: kapefm.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: