‘Power Your Life’, Waspada Gejala dan Risiko Penyakit Jantung

Tingkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap gejala, faktor risiko dan penanganan dini serta rehabilitasi dari Penyakit jantung Koroner.
, Majalah Kartini | 23/09/2016 - 14:00

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka memperingati Hati Jantung Sedunia 2016, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, pada Media Briefing di Jakarta, Kamis (22/9) menyampaikan World Heart Day 2016 yang setiap tahun diperingati pada tanggal 29 September dan kali ini mengusung tema ‘Power Your Life’.

Dirjen P2P Kemenkes RI, dr. H. Mohamad Subuh, MPPM menyampaikan pokok yang penting untuk diketahui seluruh masyarakat. Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke.

“Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu masalah kesehatan utama di negara maju maupun berkembang. Penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab nomor satu kematian di dunia setiap tahunnya,” jelas Mohamad Subuh.

Data World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler berada di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang. “Dari seluruh kematian akibat penyakit kardiovaskuler, 7,4 juta disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner, dan 6,7 disebabkan oleh stroke,” lanjutnya. (Foto: Istimewa)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: