Perlunya Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan Secara Teratur

Saat menstruasi datang sebaiknya para perempuan membersihkan organ kewanitaan secara teratur.
, Majalah Kartini | 08/10/2016 - 08:00

MajalahKartini.co.id – Dr Liva Wijaya, SPOG mengatakan untuk menjaga kesehatan kewanitaan saat risiko infeksi meningkat, terutama saat periode menstruasi, sebaiknya para perempuan membersihkan organ kewanitaan secara teratur dengan cara membasuh organ intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik. “Selain itu disarankan juga untuk mengganti pembalut sesering mungkin, setidaknya 3-4 jam sekali, untuk menghindari kelembapan pada organ intim kewanitaan,” tambahnya.

Educator and Trainer Mundipharma Merry Sulastri mengatakan salah satu pembersih yang terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri buruk sekaligus mengembalikan kondisi flora bakteri natural pada daerah kewanitaan adalah Povidone – Iodine. BETADINE Feminine Hygiene yang mengandung Povidone – Iodine 10% merupakan salah satu solusi yang telah terbukti secara medis dalam menjaga kebersihan kewanitaan saat risiko infeksi meningkat termasuk selama periode menstruasi.

Povidone – Iodine adalah zat antimikroba yang termasuk dalam zat antiseptik spektrum-luas yang paling efektif dalam menghadapi beragam patogen (bakteri, virus dan jamur), Povidone – Iodine juga terbukti optimal dalam menghadapi infeksi vaginitis dan tetap menjaga kondisi normal flora vagina saat bekerja menurunkan infeksi hingga ke batas minimum.

“Povidone – Iodine terbukti memiliki kemampuan dengan spektrum terluas dalam mengatasi berbagai jenis bakteri buruk, virus, jamur dan protozoa yang mengakibatkan infeksi ,” kata Merry di Jakarta, Kamis (6/10). Melalui produk yang telah dipercaya sebagai besar pelayanan medis, Merry pun merekomendasikan penggunaan produk ini saat dibutuhkan perhatian khusus pada daerah kewanitaan seperti saat periode menstruasi atau ketika terjadi infeksi di daerah kewanitaan.

“Untuk pencegahan, antiseptik ini dapat digunakan 1 kali sehari selama dua minggu (periode menstruasi), sedangkan jika sudah ada gejala risiko kontaminasi bakteri, Betadine dapat digunakan 2 kali sehari selama 5 hari berturut-turut, dengan cara mengambil 1 tutur botol Betadine lalu dicampur dengan 1 liter air kemudian basuh pada vagina, diamkan selama 1 menit lalu bilas dengan air bersih,” terangnya. (Foto: Andim)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: