Perbedaan Manfaat dan Kandungan Protein Nabati dengan Protein Hewani

Protein nabati berasal dari tumbuhan sedangkan protein hewani dari lemak hewani.
, Majalah Kartini | 07/09/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Banyak orang menyangka protein nabati dan hewani memiliki kesamaan kandungan dan manfaatnya bagi tubuh kita. Pernyataan stereotype ini harus diluruhkan agar tidak terjadi kesalahpahaman pengertian dalam diri kita.

Protein nabati berasal dari tumbuhan seperti kacang polong, nasi, rami, bunga matahari dan lain-lain. Sedangkan protein hewani berasal dari lemak hewani seperti susu. Namun protein hewani memiliki kandungan 9 asam amino lengkap sedangkan protein nabati tidak.

Kandungan nutrisi pada protein nabati dari tiap tumbuhan memiliki manfaat berbeda-beda, sehingga memberikan fungsi berbeda-beda ketika dikonsumsi. Sedangkan protein hewani bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung immunoglobulins.

Protein nabati lebih sehat dibandingkan protein hewani karena protein nabati membantu memerangi keasaman dalam makanan kita dan dapat dijadikan minuman untuk detox. Sedangkan protein hewani mengandung laktosa (gula) yang memperlambat produksi enzim lactase sehingga menyebabkan ketidaknyamanan pada pencernaan, contohnya gas lambung.

Perbedaan lainnya seperti kandungan vitamin dan mineral yang banyak terdapat di protein nabati, sedangkan protein hewani tidak banyak. Selain itu konsumsi protein hewani dapat menimbulkan jerawat berlebih dan sebagainya sedangkan protein nabati tidak. Jadi Anda pun akhirnya bisa membedakan mana protein yang baik dan dapat bermanfaat bagi tubuh Anda. (Cindy/ Foto: Matadunia)

.

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: