Pentingnya Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menurut hasil penelitian, 93,8% orang telah memiliki kebiasaan menyikat gigi.
, Majalah Kartini | 12/01/2018 - 20:09


MajalahKartini.co.id – Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, prevalensi penyakit gigi dan mulut di Indonesia mencapai 25.9%. Angka ini menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut berada pada level yang rendah. Menurut hasil penelitian, 93,8% orang telah memiliki kebiasaan menyikat gigi. Waktu yang terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah makan atau sebelum tidur. Namun Sayangnya hanya 2,3% orang yang mengikuti rekomendasi ini.

Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, MKes, Ketua Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Persatuan Dokter Gigi Indonesia mengungkapkan data riskesdas 2013 mengatakan kurang lebih ada lima gigi yang pernah mengalami gigi berlubang per orang pada penduduk Indonesia. Dan penyakit gigi mulut juga berpengaruh kepada penyakit-penyakit sistemik seperti jantung, stroke, diabetes mellitus bahkan kelahiran dini dan kelahiran bayi dengan berat badan rendah.

“Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan tepat,” katanya pada peluncuran “21 Hari Upgrade Frontliner Indonesia” di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tahapan yang dianjurkan kata drg. Tri adalah menyempurnakan proses pembersihan melalu berkumur dengan mouthwash setelah menggosok gigi dua kali sehari seperti yang direkomendasikan berbagai asosiasi dokter gigi dunia termasuk PDGI.  “Kejadian penyakit gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong tinggi,” ujarnya.

Data Riskedas menyebutkan sekitar 7 dari 10 orang Indonesia mengalami gigi berlubang. Maka dari itu, penting untuk menjaga perawatan kesehatan mulut kita dengan tepat dan benar. “Dikarena gigi hanya menyusun 25% dari bagian mulut, oleh karena itu perawatan gigi yang tepat adalah dengan menyikat gigi, membersihkan sela-sela dengan benang gigi, dan diakhiri dengan menggunakan mouthwash dua kali sehari seperti yang direkomendasikan berbagai assosiasi dokter gigi dunia termasuk PDGI,” terangnya.

Tidak hanya berpengaruh kepada kesehatan, permasalahan gigi dan mulut juga dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Listerine bermitra dengan PDGI dan TALKINC untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeliharaan kesehatan mulut dan gigi yang tepat, serta pelatihan cara berkomunikasi yang bertujuan meningkatkan perkembangan diri. (Foto : ilustrasi)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: