Pentingnya Persiapan Peralatan P3K

P3K berfungsi sebagai upaya pertolongan sementara sebelum mendapatkan perawatan yang lebih intensif.
, Majalah Kartini | 18/09/2016 - 17:00

Jpeg

MajalahKartini.co.id – Dr. Wishnu Pramudito DP, Sp.B, Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, pada workshop “Siap P3K bersama Hansaplast menjelaskan, di Rumah Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (15/9) mengungkapkan, banyak kasus di Instalasi Gawat Darurat (IGD) tidak selalu terkait dengan luka besar atau fatal.

“Tidak jarang kami menerima pasien dengan luka tersiram air panas, lecet, atau sekedar cedera memar ringan. Namun sangat disayangkan karena terkadang penanganan pertamanya kurang tepat sehingga menyebabkan infeksi,” jelas Wishnu.

Secara umum, kata dr. Wishnu, P3K berfungsi sebagai upaya pertolongan sementara sebelum mendapatkan perawatan yang lebih intensif dari dokter. “Di sinilah pentingnya persiapan perlengkapan P3K dan tentunya disempurnakan dengan pengetahuan dasar penanganan luka ringan,” kata dia

“Perlengkapan P3K baiknya disiapkan di rumah, tempat kerja, kendaraan, dan personal yang dapat dibawa kemanapun. Beberapa hal yang wajib dimiliki meliputi kassa steril, perban, sarung tangan lateks, masker, plester, iodine, gunting, pinset, dan tentunya buku petunjuk penggunaan,” jelas dia.(Foto : Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: