Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks pada Perempuan

Kanker serviks menduduki peringkat kedua kanker pada perempuan di dunia.
, Majalah Kartini | 16/11/2017 - 11:09

MajalahKartini.co.id – Kanker pada organ reproduksi perempuan atau dikenal kanker serviks ini menduduki peringkat kedua kanker pada perempuan yang paling umum ditemukan di dunia. Dan peringkat ketujuh untuk kanker sekitar kandungan lainnya. Setiap 2 menit, seorang perempuan didiagnosa menderita kanker sekitar kandungan. Pada 2014 lalu, lebih dari 92 ribu perempuan Indonesia juga meninggal karena kanker sekitar 10,3 persen di antaranya diakibatkan kanker serviks.

Tidak adanya proses pemantauan sejak dini dan kurangnya edukasi pada masyarakat menjadi salah satu pemicu tingginya angka kematian karena kanker tersebut. Pola hidup sehat dan deteksi dini kanker sangat penting dilakukan, karena mampu mengurangi lebih dari 43 persen timbulnya kanker.

“Deteksi dini, mengenali gejala, faktor risiko dan bagaimana pencegahannya serta tahap-tahap pengobatan kanker kandungan bisa meminimalisir timbulnya kanker pada organ reproduksi, baik kanker payudara maupun kanker dalam organ kandungan,” tutur Dr. Toto Imam Soeparmono SpOG, K.Onk, ahli kanker kandungan dari Rumah Sakit Hermina Bekasi di seminar edukasi kesehatan ‘Kenali Kanker pada Organ Reproduksi Wanita’, Rabu (15/11).

Ia memaparkan harus adanya penjagaan terhadap kebersihan organ reproduksi tersebut dan menghindari faktor risiko seperti pergaulan seks bebas. Dr. Toto juga melanjutkan bahwa kanker bertumbuh dan berkembang tanpa dirasakan gejalanya dan terkadang pasien malu dan enggan untuk berkonsultasi ke Dokter. “Karena masalah itu lah, umumnya kita menemukan kanker tersebut sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain,” tuturnya.

Dr. Toto juga menghimbau agar perempuan selalu menjaga kebersihan organ reproduksi, melakukan deteksi dini dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur. Semakin cepat kanker terdeteksi dan ditangani, semakin besar pula peluang pasien untuk bertahan hidup. (Cindy/Foto: Doc. Pribadi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: