Penderita Asam Lambung, Simak Cara Berpuasa Aman

Meski penderita asam lambung tidak boleh telat makan, namun sebenarnya bisa saja menjalankan puasa Ramadan dengan aman seperti berikut.
, Majalah Kartini | 08/06/2017 - 07:07

Penderita Asam Lambung, Simak Cara Berpuasa Aman

MajalahKartini.co.id – Tak ada halangan untuk tidak berpuasa. Selagi badan masih sehat dan masih kuat, sebisa mungkin ibadah itu tetap harus dijalankan. Namun, ada beberapa penderita yang rentan untuk berpuasa. Sebut saja penderita asam lambung. Telat makan sebentar saja, perutnya langsung sakit. Apalagi harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Tapi, itu pun tidak jadi halangan.

Dilansir dari Leaf TV, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berpuasa bagi para penderita asam lambung tetap lancar dan tubuh tetap sehat.

1. Minum air hangat
Air hangat atau air panas bisa membantu menenangkan perut lebih dari air dingin. Bahkan, dengan air dingin bisa mengiritasi. Saat sahur, sebaiknya Anda memilih air putih hangat sebagai pendamping makan sahurnya.

2 Minum air dalam jumlah kecil
Minum air dalam jumlah banyak bisa membuat perut Anda berpikir bahwa Anda kenyang. Tapi, juga bisa mengelabui tubuh untuk menghasilkan asam tambahan. Hal tersebut pastinya berbahaya bagi penderita asam lambung. Sangat disarankan untuk meminum air putih secara perlahan dan terpenting tidak sekaligus banyak.

3. Tidur menggunakan bantal sedikit lebih tinggi dari biasanya
Saat tidur, perut Anda mungkin akan mengirim asam ke tenggorokan jika tidur pada posisi terbaring rata. Tidur menggunakan bantal, bisa mengurangi kemungkinan hal tersebut dan akan membantu mencegah sakit tenggorokan di pagi hari.

4. Hindari menambahkan apapun ke air
Banyak orang hanya meminum air suling selama puasa untuk memastikannya benar-benar murni dari aditif. Bahkan aditif sederhana seperti jus lemon dapat menyebabkan asam lambung Anda kumat. (Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: