Kurang Minum Air Putih, Risiko Ginjal dan Obesitas

Gerakan ”Ayo Minum Air” (AMIR) untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat.
, Majalah Kartini | 05/03/2017 - 12:02

hidrasi

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Ginjai Sedunia (World Kidney Day/WKD), 9 Maret 2017 bertema “Penyakit Ginjal dan Obesitas, Indonesia Hydration Working Group-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (lHWG-FKUI) dan Danone AQUA, meluncurkan gerakan ”Ayo Minum Air” (AMIR), untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perilaku hidup sehat, yang meliputi asupan gizi seimbang, termasuk hidrasi sehat, dan melakukan aktivitas fisik untuk mencegah obesitas, serta hubungannya dengan penyakit ginjal.

Gerakan AMIR dilaksanakan guna mendukung inisiatif Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dicanangkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang saat ini juga sebagai Ketua IHWG FKUI. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) menjelaskan masyarakat Indonesia harus mulai meningkatkan kesadaran, dan menerapkan gaya hidup sehat termasuk perilaku hidrasi sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Salah satu yang memicu terjadinya obesitas adalah pola konsumsi makanan dan minuman mania. Konsumsi minuman manis menjadi sebuah realita yang sulit dielakkan karena relatif mudahnya ketersediaan dan akses mendapatkan produk-produk tersebut di sekitar rumah maupun sekolah. Pola hidrasi yang tidak baik terkait dengan konsumsi gula dalam minuman, berkaitan erat dengan obesitas,” jelas dr. Eko pada press conference Gerakan Ayo Minum Air di SDN Rawamangun 12 Pagi Jakarta, Kamis (2/3).

Sebagai tahap awal pelaksanaan edukasi masyarakat melalui gerakan AMIR, IHWG-FKUI telah meluncurkan Komik Hidrasi dan modul pelatihan bagi para guru PAUD serta pelaku rawat (care giver) sebagai media untuk menyebarkan pengetahuan akan pentingnya air putih bagi tubuh, khususnya bagi anak-anak agar pengetahuan dan kesadaran dapat dimulai sejak dini.

“Melalui tokoh AMIR diharapkan anak-anak juga semakin mengerti pentingnya minum air putih termasuk memberitahukan teman-teman serta anggota keluarganya. Untuk anak-anak rata-rata 1,5 liter perhari atau 6 gelas, dewasa 8 gelas sehari, ibu hamil 8+2 (10) gelas per hari sedangkan ibu hamil 8+3 (11) gelas per hari,” kata dr. Eko.

Untuk implementasi program, lanjut dr. Eko, IHWG telah melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa implementasi buku Komik ”AMIR” di Provinsi Maluku dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan metode microteaching kepada guru-guru PAUD untuk mengajarkan pentingnya minum air pada anak-anak PAUD dengan media buku komik hidrasi “AMIR”. “Pelatihan diberikan kepada 51 orang guru PAUD dan implementasi materi komik tersebut untuk 495 orang murid di 22 Iembaga PAUD Provinsi Maluku,” lanjutnya.

Salah satu partner global yang secara aktif mendukung penyelenggaraan World Kidney Day (WKD) termasuk di Indonesia adalah Danone. Dalam acara peringatan WKD 2017 di Indonesia, Danone AQUA diwakili Health Marketing Manager Danone AQUA, dr. Aninda Perdana B MedSc mengungkapkan bahwa, ‘WKD 2017 merupakan kali ke-8 brand air mineral ini mendukung peringatan WKD di Indonesia. “Kami berkomitmen untuk selalu berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga hidrasi tubuh bagi kesehatan secara umum dan kesehatan ginjal secara khusus,” lanjutnya. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: