Ketika Diet Tak Sekadar Tren Kekinian

Apakah semua jenis diet baik untuk diikuti dan bebas efek samping?
, Majalah Kartini | 18/01/2018 - 16:05

MajalahKartini.co.id – Anda pernah dengar diet keto atau diet mayo, atau bahkan pernah menjalaninya? Apakah Ada perubahan? Menjaga asupan nutrisi dan pola makan, atau yang sering kita kenal dengan sebutan “diet”, merupakan cara yang ditempuh banyak orang saat ingin menurunkan berat badan atau sekadar menjalani pola hidup yang lebih sehat.

Berbagai jenis diet beredar di masyarakat, dari mulai diet ketogenik, diet mayo, diet mediterania, dan sebagainya. Tidak sedikit pula yang mengklaim mampu menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif.

Topik di atas menjadi bahasan dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional yang diadakan oleh Rumah Sakit Pondok Indah. Acara bertajuk Small Group Media Discussion ini dibawakan oleh dr. Diana F. Suganda, M. Kes, Sp. GK – dokter spesialis gizi klinik yang berpraktik di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Menurut dr Diana, istilah diet bukan berarti tidak makan melainkan mengatur pola makan dengan panduan gizi seimbang. “Diet apapun yang Anda pilih untuk menurubkan berat badan, tubuh Anda harus caloric deficit, yakni kalori yang masuk lebih sedikir daripada yang keluar,” imbuhnya.

Banyak dari kita, lanjut Diana, yang diet hanya bertujuan menurunkan berat badan, bukan menjadikan pengaturan pola makan sebagai gaya hidup yang sehat. “Diet yang tepat adalah dengan gizi seimbang, dengan defisit 500 kalori per hari dampaknya otomatis BB akan turun tapi tetap diikuti dengan keseimbangan energi.

Gizi seimbang terdiri dari: karbohidrat 50-60 %, protein 15-20 %, lemak 30 %, vitamin & mineral dari buah & sayur, jadwal makan teratur, portion control/diatur porsinya sesuai kebutuhan, perhatikan cara masak, disertai aktivitas fisik/OR teratur, dan Konsul ke dokter gizi terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara menurunkan kalori yang masuk ke tubuh Anda? dr Diana memberikan beberapa cara yakni; Kurangi konsumsi mayonaise, kurangi dessert, mengganti softdrink dengan mineral water, memgurangi porsi makan, berjalan kaki 30 menit, bersepeda, berenang atau berkebun. (Foto: Doc. Pribadi)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: