Ketahui Pertolongan Pertama pada Penderita Gangguan Jiwa

Pertolongan pertama diberikan sampai penderita mendapatkan bantuan profesional yang sesuai.
, Majalah Kartini | 10/10/2016 - 11:00

MajalahKartini.co.id – ‘Mental Health First Aid’ adalah pertolongan pertama kesehatan jiwa atau dukungan awal kesehatan jiwa. Bantuan diberikan kepada orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa oleh seseorang yang bukan kader kesehatan atau tidak memiliki latar belakang kesehatan, melainkan seseorang yang berada dalam lingkup sosial penderita.

Keluarga dan masyarakat dapat berperan dengan mempelajari keterampilan pertolongan pertama kesehatan jiwa (Mental Health First Aid Action Plan), yang terdiri dari 5 langkah:

1. Pendekatan, deteksi, dan membantu pada krisis apapun
2. Mendengarkan tanpa menghakimi
3. Memberikan dukungan dan informasi yang tepat
4. Mendorong penderita untuk mendapatkan bantuan profesional yang sesuai
5. Mendorong dukungan lainnya

Pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama psikologis atau dukungan awal psikologis akan banyak memberikan manfaat maksimal tidak hanya bagi prognosis gangguan jiwa tetapi juga dalam pembangunan kesehatan dan kualitas bangsa pada umumnya.

Dalam hal kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa, peran keluarga dan lingkungan dalam memberikan pertolongan pertama bagi mereka yang hidup dengan masalah kejiwaan akan sangat berpengaruh pada proses terbentuknya keadaan yang menaikkan martabat, menghilangkan stigma dan diskriminasi orang yang mengalami masalah kesehatan jiwa. (Foto : Getscoop.com)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: