Ketahui Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.
, Majalah Kartini | 06/11/2017 - 17:02

MajalahKartini.co.id – Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan keadaan dimana otot jantung kekurangan darah dan mempersempit pembuluh darah koroner jantung (lubang arteri jantung). PJK ternyata menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia yaitu sebanyak 49 persen angka kematian.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Manoefris Kasim, SpJP (K), Sp KN, penyakit jantung koroner disebabkan karena adanya faktor risiko pemicu seperti, genetik, usia, jenis kelamin, sering merokok, gangguan lipid, darah tinggi (hipertensi) dan kencing manis (diabetes).

“Seringnya penyakit jantung itu terjadi pada usia 28 tahun ke atas. Melalui data dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, faktor resiko pemicu paling tinggi itu ya sering merokok, sebanyak 68 persen,” ujar dr. Manoefris. dr. Manoefris juga mengingatkan bahwa diabetes tidak boleh dianggap remeh. Penyakit tersebut dapat menjalar ke beberapa bagian tubuh, menyebabkan penyakit jantung, ginjal, otak, kaki dan lain-lain.  Ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap berolahraga secara teratur minimal 30 menit sehari, untuk menurunkan faktor pemicu penyakit jantung.

Gejala awal penyakit jantung koroner yang harus diperhatikan dan diwaspadai antara lain, adanya nyeri di bagian dada dan bersifat melebar, sakit atau nyeri tersebut tidak lama karena terpicu aktivitas fisik yang berat seperti lari terburu-buru, emosi memuncak dan membawa barang berat, dan nyeri dada tersebut muncul dan berhenti lalu muncul kembali. “Disarankan jika terjadi gejala seperti itu, langsung lakukan medical check up ke dokter. Sehingga dapat ditangani dengan baik,” tutur dr. Manoefris. (Cindy/Foto: Shutterstock)

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: