Ketahui Lima Cara Alami Basmi Nyamuk

Tidak hanya mengganggu aktivitas kita, nyamuk juga bisa menularkan penyakit-penyakit yang sangat merugikan.
, Majalah Kartini | 22/09/2017 - 19:02

MajalahKartini.co.id – Nyamuk memang kecil, tetapi gigitan nyamuk bisa menimbulkan berbagai macam penyakit mulai dari gatal pada diri sendiri hingga penyakit menular. Jika dibiarkan terus menerus, akan menjadi penyakit yang serius, karena nyamuk berasal darimana saja dan menyebarkan virus melalui gigitannya.

Dilansir dari Dokter Kita, jenis virus seperti West Nile dan Chikungunya bisa membuat anda sakit untuk sementara waktu dan tidak mengancam jiwa. Tetapi penyakit Malaria dan Yellow Fever lebih berakibat fatal dan berdampak sangat serius.

Sebelum Anda dan keluarga terjangkit penyakit yang ditularkan oleh nyamuk, ada baiknya Anda membasmi dan menangkal nyamuk. Cara membasmi nyamuk terbagi menjadi 2 yaitu secara instan dan tradisional.

Secara instan anda bisa menggunakan obat nyamuk berbentuk semprot, listrik, ataupun bakar. Namun dampak dari obat nyamuk instan tidak baik untuk kesehatan dan berefek jangka panjang. Ada baiknya anda melakukan pembasmian nyamuk dengan cara tradisional dan aman untuk pernafasan.

Untuk cara tradisional, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami dan tidak menganggu pernafasan ataupun kesehatan. Berikut beberapa cara dan bahan alami untuk membasmi nyamuk.

1. Sereh

Aroma sereh memang segar untuk manusia, namun nyamuk tidak suka. Anda hanya perlu menyediakan sekitar 2-3 batang sereh, lalu potong sereh tipis-tipis. Potongan sereh anda taruh ke dalam wadah dan anda bisa taruh di bawah kasur atau sudut-sudut kamar.

2. Lotion Vitamin C dan B2

Jeruk mengandung vitamin C dan tomat mengandung vitamin B2, keduanya sangat cocok untuk dijadikan lotion pengusir nyamuk. Caranya mudah, cukup sediakan sari jeruk dan tomat, lalu aplikasikan pada bagian tubuh yang sering dihinggapi oleh nyamuk.

3. Minyak Kayu Putih

Anda bisa menyemprotkan minyak kayu putih di area sudut-sudut rumah, karena nyamuk tidak suka dengan aroma minyak kayu putih. Untuk perlindungan anak, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih secukupnya ke tubuh anak untuk menghangatkan tubuh dan menghindari anak dari gigitan nyamuk.

4. Kulit Jeruk Kering

Keringkan kulit jeruk secukupnya, lalu taruh di lokasi yang banyak nyamuk atau di sudut-sudut rumah.

5. Daun Kemangi

Hancurkan daun kemangi secukupnya, lalu oleskan di bagian-bagian yang terbuka seperti tangan, kaki, dan leher. Nyamuk tidak akan berani mendekat karena tidak suka dengan aroma kemangi. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Republika).

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: