Ketahui Khasiat Black Garlic untuk Penyakit Kronis

Black garlic mengandung antioksidan 10 kali lipat dari bawang putih.
, Majalah Kartini | 29/09/2016 - 11:30

MajalahKartini.co.id – Kanker adalah pembunuh terbesar bagi perempuan di Indonesia, hal ini disebabkan faktor hormon, di mana salah satu sel baik dalam tubuh berubah menjadi buruk dan menggerogoti tubuh. Perkembangan teknologi kesehatan semakin maju sehingga penderita bisa terselamatkan. Meski demikian, ternyata alam telah menyediakan banyak tumbuhan dengan khasiat yang luar biasa, salah satunya bawang putih.

Belum lama ini Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pun telah menghasilkan natural black garlic yang berkhasiat untuk berbagai penyakit diantaranya kanker. Black garlic adalah bawang hitam yang berasal dari bawang putih yang telah diproses secara fermentasi pada suhu tertentu dan waktu yang lama, sehingga menghasilkan senyawa baru yang mempunyai efek farmakologis.

Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT, Eniya Listiani Dewi mengatakan fermentasi bawang putih ini tanpa bahan tambahan apapun. Black garlic itu pun rasanya manis, bertekstur lembut dan tidak meninggalkan bau mulut. “Black garlic mengandung antioksidan 10 kali lipat dari bawang putih,” katanya.

Dilansir dari laman marcola.com, Dr Mercola mengungkapkan bahwa sejumlah penelitian menunjukkan potensi kesehatan menakjubkan dari black garlic ini di hampir seluruh bagian tubuh Anda, dari arteri tersumbat gangren untuk mencegah gigitan serangga dan infeksi telinga. Bahkan ada bukti bahwa bawang putih dapat membantu memperlambat proses penuaan.

Seperti kebanyakan makanan nabati kompleks lainnya, black garlic mengandung berbagai phytocompounds yang bertindak bersama-sama untuk menghasilkan berbagai macam respon dalam tubuh. Bawang fermentasi ini kaya mangan, kalsium, fosfor, selenium, dan vitamin B6 dan C, sehingga bermanfaat bagi tulang serta tiroid.

Black garlic juga membantu membersihkan tubuh dari logam berat, seperti timbal, merkuri, kadmium, dan arsenic. Med Info juga telah mengumpulkan daftar studi menunjukkan efek positif bawang putih selama lebih dari 150 penyakit. Secara umum manfaatnya black garlic dibagi empat kategori utama:

1. Mengurangi peradangan (mengurangi risiko osteoarthritis)
2. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh (antibakteri, antijamur, antivirus, dan sifat antiparasit)
3. Meningkatkan kesehatan dan sirkulasi kardiovaskular (melindungi terhadap pembekuan, menghambat plak, meningkatkan lipid, dan mengurangi tekanan darah)
4. Melawan 14 jenis sel kanker (termasuk otak, paru-paru, payudara, dan pankreas)

Fakta bahwa bawang putih sangat efektif dalam memerangi beberapa jenis kanker mungkin terkait dengan efek antioksidan yang kuat. Bawang putih mengandung prekursor untuk senyawa allicin.

Bahkan, para peneliti telah menentukan bahwa asam sulfenic, yang dihasilkan selama dekomposisi cepat allicin, bereaksi dengan menetralkan radikal bebas lebih cepat dari senyawa lainnya, seketika ketika dua molekul bertemu. Dan sebagai anti-infeksi, bawang putih ini bermanfaat membunuh segala sesuatu dari candida ke herpes, MRSA, tuberculo resistan terhadap obat. (Foto: wikipedia)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: