Ketahui dan Cegah Hepatitis Sejak Dini

Mari kenali hepatitis dan cara pencegahan serta pengobatannya sedini mungkin.
, Majalah Kartini | 11/08/2016 - 10:14

kenali penyakit hepatitis

MajalahKartini.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh setiap tanggal 28 Juli, PT Johnson & Johnson Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengadakan rangkaian acara edukasi media terkait penyakit hepatitis di Jakarta, Selasa (9/8) dengan tema “Know Hepatitis-Act Now!” atau “Ketahui Hepatitis, Saatnya Bertindak!”.

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada organ hati manusia yang dapat disebabkan berbagai hal seperti virus, bakteri, obat-obatan, alkohol, dan zat berbahaya lainnya.  Penyakit hepatitis yang disebabkan virus merupakan penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan masyarakat dan umum terjadi di negara berkembang yang berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Komite Ahli Hepatitis Kementerian Kesehatan RI, Prof. DR. Dr. David Handojo Muljono SpPD, FINASIM, PhD menjelaskan, beban penyakit hepatitis bagi negara cukup signifikan. Di samping menyebabkan kesakitan dan kematian, hepatitis B dan C mengakibatkan kerugian sosio-ekonomi yang besar. Keparahan penyakit yang justru terjadi pada usia produktif sehingga investasi keluarga dan negara dalam asuhan (sejak kecil menjadi dewasa), pendidikan, dan ekonomi, menjadi sia-sia dan menyebabkan hilangnya produktivitas generasi yang terinfeksi penyakit ini. Semua ini diperparah dengan beban keluarga dan negara merawat penderita, dan biaya pengobatan yang amat besar.

 “Hal ini terjadi pada Indonesia, dengan kejadian dan pengidap hepatitis B yang tinggi, dan hepatitis C yang tidak kecil. Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2016 dengan tema  merupakan ajakan bagi semua pihak untuk bersama-sama dengan Pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia yang bebas hepatitis,” papar Prof. David Handojo.

Menanggapi hal tersebut, President  Director PT Johnson & Johnson Indonesia, Vishhnu Kalra menyatakan dukungannya terhadap upaya tersebut. Pihaknya memandang kesehatan sebagai aspek yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

“Sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan, kami berkomitmen dalam mendukung Pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia yang bebas hepatitis. Kami berharap kegiatan edukasi yang kami lakukan dapat membantu Pemerintah Indonesia dalam upaya preventif dan promotif untuk menanggulangi penyakit hepatitis,” sambungnya.(Foto: Deherba)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: