Kampanye Fibrilasi Atrium 2017, Ketahui Gangguan Irama Jantung

Fibrilasi Atrium (FA) dapat menyebabkan bekuan darah di jantung dan stroke atau kelumpuhan.
, Majalah Kartini | 11/10/2017 - 16:03

MajalahKartini.co.id – Kesadaran masyarakat terhadap penyakit gangguan irama jantung atau Fibrilasi Atrium (FA) masih dianggap minim. FA merupakan kelainan irama jantung berupa detak jantung yang tidak regular dan biasanya dijumpai pada populasi di dunia bahkan Indonesia. Pengetahuan dan kepedulian terhadap FA masih rendah, padahal FA dapat menyebabkan bekuan darah di jantung dan stroke atau kelumpuhan.

Kampanye Fibrilasi Atrium (FA) 2017 di Indonesia menginginkan adanya peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam mendeteksi penyakit FA sejak dini. Salah satu cara mudah untuk mengenali FA yaitu dengan Meraba Nadi Sendiri (MENARI). Kampanye tersebut diselenggarakan oleh Indonesia Heart Rhtyhm Society (InaHRS), Asia Pasific Hearth Rhtym Society (APHRS), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), PERKI cabang Jakarta (PERKI Jaya), Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita dan Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler FKUI.

“Atrial Fibrillation Campaign (AFC) adalah acara internasional yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesadaraan masyarakat tentang pentingnya deteksi Fibrilasi Atrium (FA). Sosialisasi pengetahuan mengenai promosi kesehatan jantung dan deteksi dini FA kepada masyarakat dianggap penting yaitu melalui acara Kampanye FA 2017,” kata Ketua II Panitia Kampanye FA 2017, dr. Agung Fabian Chandranegara, Sp.JP(K).

Acara kampanye FA 2017 dimulai dari tanggal 11 Oktober hingga acara puncak 22 Oktober mendatang. Peringatan kampanye FA tersebut dibarengi dengan peringatan Hari Jantung Sedunia (World Heart Day/WHD) yang jatuh pada tanggal 29 September lalu. InaHRS beserta Kelompok Kerja (POKJA) di PERKI akan bekerjasama dengan pengurus atau anggota PERKI Jaya memperingati WHD pada dengan rangkaian acara pada 22 Oktober mendatang.

Rangkaian acara kampanye FA 2017 antara lain, funbike 10,44 Km, senam bersama klub Jantung Senam Indonesia, presentasi dan talkshow PERKI Jaya, pelatihan bantuan hidup dasar (Basic Live Support training), pemeriksaan faktor risiko (risk factor screening), pemeriksaaan irama jantung, gula darah, tekanan darah dan konsultasi secara gratis.

“Tidak hanya rangkaian acara saja juga ada hiburan seperti band, artis lokal atau penyanyi beserta doorprize pada penghujung acara. Akan didatangkan pula Menteri Kesehatan dan Gubernur maupun Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tidak lupa kami mengajak Anda, masyarakat umum untuk ikut meramaikan acara ini,” Tutup Agung. (Cindy/Foto: Cindy)

 

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: