Inilah Penyebab Bau pada Kaki

Tubuh manusia memiliki kelenjar keringat dengan beberapa bagian yang memiliki tingkat kelenjar keringat lebih tinggi, salah satunya ada pada bagian kaki.
, Majalah Kartini | 17/04/2018 - 17:20

MajalahKartini.co.id – Bau kaki adalah kondisi kaki yang mengeluarkan bau atau sering disebut Bromhidrosis ini kerap mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri setiap orang. Jika Anda memiliki masalah tersebut dan bingung dengan penyebabnya, berikut penjelasan lengkap beserta solusinya.

  1. Bakteri

Bakteri yang ada pada kulit kaki adalah Propionibacteria. Bakteri tersebut menghasilkan bau asam yang tidak sedap jika dihirup. Pada kaki yang berkeringat diketahui bakteri itu akan mengubah senyawa keringat menjadi senyawa lain yang berbau tidak sedap seperti bau keju busuk.

  1. Keringat Berlebih

Keringat berlebih menjadi salah satu penyebab terbesar munculnya bau tidak sedap bukan hanya di kaki tetapi pada beberapa bagian di tubuh. Keringat yang muncul tersebut dihasilkan oleh kelenjar Eccrine.

  1. Mengonsumsi Obat

Jika mengonsumsi obat-obatan karena sedang dalam masa pengobatan menjadi salah satu penyebab dari munculnya bau di kaki, mengapa? Karena beberapa jenis obat memicu produksi dari keringat seperti jenis Paxil, obat golongan Topamax, dan lain sebagainya.

  1. Penggunaan Alas Kaki

Menggunakan alas kaki memang hal yang wajib digunakan setiap orang, tetapi harus diketahui bahwa menggunakan alas kaki sepanjang hari menyebabkan munculnya bau pada kaki. Menumpuknya keringat pada saat menggunakan alas kaki memudahkan bakteri yang menetap di permukaan kulit dan sepatu menjadi senyawa berbau.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bau pada kaki yang berlebihan yaitu biasakan mencuci kaki dengan sabun anti bakteri setelah dan sebelum mengenakan sepatu, serta  rajin untuk mengganti kaos kaki saat menggunakan alas kaki. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: