Ini Cara Cegah Perut Kembung Setelah Makan

Anda bisa menerapkan 7 cara ini agar perut tidak terasa kembung setelah makan.
, Majalah Kartini | 18/09/2017 - 20:03

MajalahKartini.co.id – Anda pasti pernah merasakan kembung saat setelah makan, hal ini biasa terjadi karena beberapa hal, seperti makan terlalu terburu-buru, terlalu banyak gas dalam perut dan lain sebagainya. Dilansir dari boldsky, Anda bisa menerapkan tujuh cara ini agar perut tidak lagi terasa kembung setelah makan.

1. Hindari konsumsi terlalu banyak cairan
Jangan minum terlalu banyak saat makan, kebiasaan ini bisa membuat gas terkumpul dalam perut dan membuat Anda cepat merasa kembung.

2. Makan perlahan
Jangan makan terlalu terburu-buru, kunyah secara perlahan sebelum menelan makanan. Cara ini bisa membantu makanan dicerna lebih baik di perut dengan lebih sedikit cairan pada lambung sehingga akumulasi gas dalam perut ikut berkurang.

3. Olahraga setiap hari
Berolahraga setiap hari sangat penting untuk mencegah akumulasi kelebihan gas dan kembung. Minimal jalan kaki selama 15 menit setelah makan juga dapat membantu.

4. Santap makanan rendah garam
Garam adalah salah satu penyebab akumulasi gas berlebih dalam perut, dengan memilih makanan rendah garam, perut tidak akan merasa kembung.

5. Hindari minuman bersoda
Jangan minum minuman bersoda atau minuman energy saat makan. Minuman berkarbonasi dapat menstimulasi produksi asam dan gas berlebih pada perut, akibatnya membut Anda merasa kembung.

6. Kurangi makanan berserat tinggi
Jika Anda sedang diet makanan berserat tinggi seperti buah-buahan atau sayur-sayuran, Anda bisa mengurangi jumlah yang dikonsumsi setiap hari. Makanan tinggi serat bisa mengakibatkan kembung.

7. Hindari olahan susu
Makanan olahan susu seperti keju dan mentega bisa mengakubatkan akumulasi kelebihan lemak di perut. (Cindy/Foto: ilustrasi)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: