Fakta dan Jenis Nyeri Punggung yang Harus Anda Tahu

Nyeri punggung dapat dirasakan pada sepanjang tulang belakang, dari leher hingga panggul.
, Majalah Kartini | 05/07/2017 - 10:04

Fakta dan Jenis Nyeri Punggung yang Harus Anda Tahu
MajalahKartini.co.id – Nyeri punggung adalah salah satu kondisi umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejalanya bisa berupa rasa sakit yang datang dan pergi, sendi yang terasa kaku atau sulit digerakkan dan rasa tegang. Nyeri punggung menurut dr. Ahmed, Sp.OT Spesialis Orthopedi dari RS Evasari Awalbros dapat dipicu postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri, membungkuk atau efek mengangkat benda yang berat.

Berikut ini adalah beberapa jenis nyeri punggung yang sering terjadi:

• Nyerileher, sakit dan kekakuan pada leher
• Skiatika, nyeri karena iritasi dan tekanan pada sarafskiatik yang menjalar dari punggung bawah hingga telapak kaki
• Whiplash, cedera pada leher karena gerakan tiba-tiba
• Ankylosing Spondylitis, peradangan kronis yang memengaruhi tulang belakang serta sendi dan otot-otot terkait
• Slipped Disc, pergeseran cakram sendi tulang punggung yang menyebabkan sakit yang terus-menerus, sensasi kesemutan dan bahkan mati rasa.

Nyeri punggung bawah
Nyeri punggung bawah/low back pain (LBP) adalah salah satu gangguan musculos keletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik. LBP menurut perjalanan kliniknya dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Acute low back pain (nyeri punggung bawahakut)
2. Chronic low back pain (nyeri punggung bawah kronik)

Acute low back pain:
Rasa nyeri menyerang tiba-tiba rentang waktunya hanya sebentar antara beberapa hari  sampai beberapa minggu.Rasa nyeri ini dapat hilang atau sembuh.

Chronic low back pain:
Rasa nyeri yang menyerang lebih dari 3 bulan atau rasa nyeri yang berulang-ulang atau kambuh kembali. Terbagi menjadi: Gejala keluhan dan mekanisme terjadinya low back pain.

Nyeri punggung atas atau tengah
Punggung bagian atas dan tengah disebut sebagai punggung bagian toraks. Rasa nyeri biasanya bisa dirasakan dari bagian bawah leher hingga bagian bawah tulang rusuk. Nyeri punggung bagi antoraks dapat muncul sebagai akibat beberapa hal, diantaranya:

• Trauma atau cedera tiba-tiba seperti jatuh saat berolah raga atau kecelakaan saat berkendara
• Postur tubuh yang buruk sepanjang waktu
• Duduk terus-menerus di depan komputer
• Mengenakan tas ransel terutama dengan beban yang berat
• Gerakan buruk yang dilakukan berulang-ulang

Fakta dan Jenis Nyeri Punggung yang Harus Anda Tahu1

Pencegahan nyeri punggung untuk pekerja
1. Memperbaiki sikap kerja saat bekerja untuk mengurangi tekanan pada tulang punggung
2. Bekerja dengan mengurangi postur-postur yang kurang benar seperti membungkuk saat mengangkat dan mendorong beban
3. Menjaga berat badan ideal, supaya indeks massa tubuh (IMT) yang tidak berisiko dapat menurunkan risiko terjadinya keluhan nyeri punggung bagian bawah.
4. Memeperbanyak istirahat atau melakukan peregangan otot saa tbekerja. Istirahat peregangan yang dianjurkan yaitu 15 menit setiap 2 jam bekerja dan istirahat panjang yaitu selama 1 jam setiap 4 jam bekerja
5. Berat beban yang diangkat tidak melebihi batas kemampuan tubuh. Jika beban terlalu berat, gunakan alat bantu yang tersedia. (Foto: Thinkstock& RS Awal Bros)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: