Donor Darah Saat Puasa, Ini Waktu yang Tepat

Peminat pendonor biasanya menurun saat bulan puasa, padahal anjuran donor darah sebaiknya dilakukan setiap bulan.
, Majalah Kartini | 14/06/2017 - 17:02

 

Donor-Darah-Saat-Puasa-Ini-Waktu-yang-Tepat

Majalahkartini.co.id –  Donor darah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Oleh karenanya, banyak dokter menyarankan untuk melakukan donor darah secara rutin tiap bulannya. Namun bagaimana saat puasa? Bolehkah kita melakukan donor darah saat puasa?

Dr. Ari Fahrial Syam,  praktisi klinis dan pengamat kesehatan itu mengungkapkan persetujuannya akan hal ini. Ia mengatakan justru hal ini akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dikatakannya, darah yang didonorkan setelah pendonor berpuasa adalah darah yang sehat. Bagaimana tidak, puasa akan membantu mendetoksifikasi tubuh dari segala macam racun yang ada.

“Puasa Ramadan yang kita laksanakan saat ini mengandung hikmah sehat yang besar, dari pengontrolan berat badan, pengontrolan kolesterol darah, kadar asam urat, gula darah dan pengendalian berbagai penyakit yang berhubungan dengan faktor stres dan detoksikasi racun di dalam tubuh,” katanya seperti dikutip CNN.

“Melalui donor darah kita akan mengeluarkan darah kita sebanyak 350-450 cc dan membawa manfaat yang besar untuk hidup dan kehidupan kita.” Ia menambahkan ada berbagai macam manfaat yang bisa diambil dari donor darah. “Donor darah akan membuat tubuh jadi lebih sehat.”

Darah yang dikeluarkan akan membuat tubuh memperbarui darah dalam tubuh. Tubuh akan merespons darah yang dikeluarkan dan segera memproduksi sel darah merah baru.

Kondisi ini membuat kadar Fe darah (zat besi) menjadi stabil, dan berakibat jantung jadi lebih sehat. Selain itu, donor darah juga akan mengurangi kepekatan darah seseorang sehingga aliran darah pun jadi lebih lancar. Lancarnya aliran darah akan menghindarkan Anda dari serangan jantung.

“Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika dan dipublikasi pada American Journal of Epidemiology mendapatkan bahwa orang yang melakukan donor darah secara rutin ternyata akan mengurangi risiko terkena serangan jantung hampir 88 persen dibandingkan orang yang tidak melakukan donor darah,” katanya.

Kandungan zat besi yang tinggi dalam pun akan membantu menghindarkan kerusakan akibat radikal bebas. Hilangnya radikal bebas dalam tubuh ini akan membantu mengurangi meningkatnya risiko kanker dan penuaan dini.

Donor darah juga menjadi penting bagi perempuan. Pasalnya, dengan pengambilan darah sekitar 450 cc, juga akan membuat berat badan jadi berkurang. Ia menyebutkan, lewat donor darah akan terjadi proses pembakaran kalori sebanyak 600 kalori.

Berikut syarat donor darah saat Puasa, dikutip dari berbagai sumber:

1. SPastikan Anda cukup makan sahur dan berbuka
Baik saat puasa ataupun pada saat donor darah, cukup asupan gizi dan nutrisi makanan adalah hal yang sangat penting. Asupan makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi energi ketika donor darah. Sehingga seseorang yang cukup asupan gizi dan nutrisi tidak mudah lemas dan pusing setelah donor darah.

2. Pastikan cukup tidur
Karena tidur merupakan salah satu kebutuhan penting untuk proses pembentukan sel-sel darah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin donor darah pastikan Anda cukup tidur minimal 3 jam di malam sebelumnya. Namun bagi Anda yang begadang di malam sebelumnya, sebaiknya urungkanlah niatan Anda untuk donor darah. Karena biasanya hal ini dapat membuat tekanan darah menurun sehingga Anda tidak diperbolehkan untuk mendonor.

3. Cukupi cairan tubuh
Saat berpuasa, waktu minum seseorang juga akan terbatas. Oleh karena itu pastikan Anda mencukupi asupan air putih saat sahur dan sehabis berbuka puasa. Cukup minum air putih dapat membuat tubuh terhidrasi, sehingga hal ini tentu saja dapat membuat darah dan tubuh tetap sehat.

4. Mendonor di malam hari
Donor darah pada malam hari setelah buka puasa atau setelah sholat tarawih tentu saja dapat meringankan Anda. Donor di malam hari juga dapat menurunkan resiko tubuh menjadi lemas dan pusing. Untuk mencegah kehabisan stok darah, saat bulan Ramadan tiba PMI biasanya akan buka 24 jam dan siap melayani Anda yang ingin donor darah.  (Foto: shutterstock)

 

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: