Cara Praktis Agar Terhindar dari Obesitas

Selain pola makan yang tidak sehat, ada banyak penyebab lain yang juga berpotensi menimbulkan obesitas.
, Majalah Kartini | 05/02/2018 - 18:02

MajalahKartini.co.id – Setelah dianggap sebagai masalah negara berpenghasilan tinggi, kelebihan berat badan dan obesitas kini meningkat di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, khususnya di daerah perkotaan.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan, ada sebanyak 18,8% anak usia 5-12 tahun mengalami kelebihan berat badan, dan 10,8% menderita obesitas. Riskesdas 2013 juga menyatakan prevalensi obesitas pada anak yang disertai dengan komorbiditas erat kaitannya dengan kejadian obesitas pada orang tua.

Data Riskesdas 2013 juga memperlihatkan bahwa lebih dari 44 persen masyarakat Jakarta masuk dalam kategori aktivitas kurang. Bahkan secara nasional angkanya mencapai 73,9 persen. Sementara pada tahun 2014, terdapat sebanyak 41 juta anak mengalami berat badan berlebih dan obesitas.

Selain pola makan yang tidak sehat, ada banyak penyebab lain yang juga berpotensi menimbulkan obesitas. Salah satu diantaranya adalah gaya hidup sendentari yang tumbuh sejalan dengan kemajuan teknologi, perubahan aktivitas dan jam kerja, moda transportasi dan meningkatnya urbanisasi yang mendorong kurangnya aktivitas fisik.

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari obesitas? dr. Monique C. Widjaja, MGizi, SpGK ahli gizi dari Rumah Sakit Awal Bros Tangerang
mengatakan konsumsi makanan dalam jumlah cukup dan sesuai kebutuhan. Hindari cemilan atau makanandengan kadar gula dan garam terlalu banyak.

“Perbanyak makan sayur dan buah. Yang penting konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Sehingga semua nutrisi terpenuhi,”imbuhnya. dr. Monique juga menimbau agar rajin olahraga cukup minimal 3x seminggu, hindari stres, stop merokok dan
minum alkohol. (Foto: Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: