Benarkah Pisang Pengganti Sarapan Sehat?

Pisang memang bergizi dan memberikan energi kilat. Tapi, apa benar buah ini kurang baik untuk sarapan?
, Majalah Kartini | 28/07/2017 - 18:03

Benarkah Pisang Pengganti Sarapan

MajalahKartini.co.id – Pisang adalah salah satu buah yang paling sehat. Tapi, tetap saja pisang bukan pilihan yang baik untuk sarapan pagi Anda, kenapa?

Makan pisang saat sarapan atau perut kosong mungkin tidak sehat untuk Anda. Meskipun, pisang tampaknya menjadi pilihan sarapan termudah yang dapat meningkatkan energi, tetapi buah ini juga mempunyai kekurangan sendiri.

Meskipun pisang menawarkan serat, potasium dan magnesium yang sehat, ada beberapa alasan untuk menghindarinya saat sarapan. Tapi, Anda dapat mengonsumsi pisang di waktu lain, berikut ulasannya yang dikutip dari Boldsky :

Mengapa pisang bukan pilihan sarapan yang baik untuk Anda? Nah, pisang termasuk buah yang sarat dengan gula. Karena itu, pisang bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak setelah beberapa saat Anda mengonsumsinya. Tentu saja, gula pada pisang adalah alami, tapi tetap saja lonjakan kadar gula darahnya tidak aman bagi kesehatan.

Jika Anda mengonsumsi pisang bersama dengan makanan lain yang mengandung lemak sehat, maka relatif lebih aman sebagai pilihan sarapan pagi. Anda bisa memilih alpukat sebagai pendamping pisang ketika sarapan. Jadi, Anda tidak hanya makan pisang saat sarapan, tetapi alpukat yang mengandung lemak sehat, dimana akan membantu mengontrol kadar gula darah Anda.

Jika Anda hanya mengonsumsi pisang untuk sarapan, mungkin akan merasa lesu dan mengantuk beberapa saat kemudian. Anda juga hanya akan merasa kenyang sesaat. Sementara kandungan gula perlu diolah di tubuh. Gula umumnya difermentasi dan dalam proses itu mereka bisa berusah asam. Bahkan, sistem pencernaan pun bisa terpengaruh.

Apakah masih ada cara untuk makan pisang di pagi hari? Ya, tambahkan dalam semangkuk yoghurt, atau konsumsi satu sendok teh selai kacang bersama dengan pisang. Hal ini bisa mengurangi kadar asam dan mencegah fluktuasi kadar gula darah.

Anda juga bisa mengonsumsi alpukat untuk lemak sehat bersama dengan pisang. Ini bisa membantu Anda mendapatkan manfaat serat, magnesium dan kalium tanpa harus mengalami lonjakan gula darah. (Foto: Shutterstock)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: