Begini Cara Mencegah Diabetes dan Komplikasi

Penyandang diabetes atau dikenal juga dengan diabetesi sering dijumpai berada dalam tahap lanjut.
, Majalah Kartini | 07/11/2017 - 16:02

MajalahKartini.co.id – Diabetes sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun di mana sistem tubuh dan sel-sel pembuat insulin di pankreas, sedangkan diabetes tipe 2, tubuh masih memproduksi insulin, tapi juga tidak menghasilkannya dalam jumlah cukup.

Dr. Wendri Pelupessy, MKK, DKK, AME, HIMA Owner Community Medicine Specialist mengatakan sering ditemukan penyandang diabetes atau dikenal juga dengan diabetesi berada dalam tahap lanjut dengan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, infeksi yang sedang dan berisiko amputasi, dan lain-lain .

“Dengan pemahaman lebih dini dan tepat informasi, diharapkan masyarakat dapat menghindari penyakit diabetes, dan para diabetesi dapat hidup lebih baik karena memahami dengan baik penyakit ini,” kata dr. Acara talkshow Wendri saat Lions Club Jakarta Selatan (LCJS) – Fun Age Matahari di Jakarta, Sabtu (4/11).

Lebih lanjut ia buka salah satu cara mencegah penyakit diabetes tipe 2 adalah menjaga pola makan yang sehat disertai dengan kegiatan fisik yang baik, menghindari rokok dan stres yang berlebihan. Pada halangan diet antara diabetisi dengan orang yang selamat itu sama saja.

“Hanya saja perlu kedisplinan lebih dalam penghitungan kalori dan penakarannya. Contohnya anjuran kebutuhan kalori sehari adalah protein 15-20 persen, lemak 20-25 persen, karbohidrat 45-65 persen serta vitamin, mineral dan serat dalam jumlah yang cukup,” tegas dr. Wendri.

Dr. Wndriagi tips pencegahan diabetes sebagai berikut:

1. Makan porsi makan, konsumsi makanan yang bervariasi, atur jadwal waktu makan, dan pilih makanan sehat. Penuhilah ½ dari piring Anda dengan sayuran, ¼ dari piring dengan karbohidrat kompleks (seperti oat atau beras merah), dan ¼ dari piring dengan sumber protein (seperti kacang-kacangan, ikan kukus, atau ayam rebus)

2. Banyak mengonsumsi makanan tinggi serat yang bisa membantu mengendalikan kadar gula dalam darah, seperti sayuran dan bijian utuh.

3. Meningkatkan aktivitas & rutinitas berolahraga sesuai dengan saran dari dokter keluarga

4. Menghindarkan diri dari stress, karena stress juga dapat memicu peningkatan komplikasi yang muncul akibat diabetes.

5. Memeriksakan diri secara berkala melalui panel deteksi dini diabetes di laboratorium klinik sesuai anjuran dokter keluarga

6. Suplementasi antioksidan guna menurunkan jumlah radikal bebas yang timbul akibat proses penyakit diabetes.

Dalam kegiatan edukasi ini, LCJS-Fun Age Matahari mengandeng Sintesa Health yang merupakan sebuah perusahaan penyedia produk Nutrasetikal terkemuka dari Spanyol, antara lain diasulin suatu anti oksidan kuat sebagai pencegahan diabetes dan komplikasinya, yang sudah melalui Uji Klinis Internasional dan tentu terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.(Foto : Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: