Anda Suka Konsumsi Pisang? Perhatikan Hal Berikut Ini

Pisang bisa dijadikan menu sarapan harian, namun jangan asal memilih.
, Majalah Kartini | 13/09/2017 - 16:02

MajalahKartini.co.id – Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, fruktosa dan glukosa. Biasanya pisang bisa dijadikan menu sarapan harian Anda karena kandungan karbohidratnya tersebut. Namun jangan asal saja dalam memilih buah pisang untuk kebutuhan tubuh Anda, karena asupan gizi yang masuk berbeda-beda.

Dr Samuel Oetoro, Spesialis gizi klinik di MRCCC Siloam Hospital, mewanti-wanti untuk tidak memilih pisang yang sudah terlalu matang. Hal itu karena kandungan glukosa tinggi pada pisang yang terlalu matang. “Kalau terlalu tua, glukosanya tinggi, kalau masih agak mangkel, glukosa rendah dan fruktosa tinggi,” jawab Samuel.

Fruktosa adalah gula buah yang merupakan sumber gula alami. Gula tersebut aman bagi tubuh. Jadi, sebaiknya Anda menghindari membeli pisang yang sudah terlalu matang. Ciri-cirinya adalah warna kulitnya yang kuning merata dan sudah banyak bintik-bintik hitam. Lebih baik membeli pisang yang kulitnya masih dihiasi guratan hijau.

Masih banyak manfaat pisang untuk asupan gizi dalam tubuh, antara lain kaya serat dan pekyin yang mengurangi rasa kembung seiring berkembangnya bakteri-bakteri baik. Buah kuning ini juga rendah lemak dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol serta pembakaran lemak.

Perhatikan kembali memilih pisang sebagai salah satu menu sarapan Anda. Jangan lupa juga santap makanan yang mengandung protein seperti putih telur atau susu, agar tubuh mendapat gizi yang lengkap. (Cindy/Foto: ilustrasi)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: