5 Manfaat Dibalik Kesegaran Air Tebu

Sedang mencari alternatif minuman sehat? Tidak ada salahnya apabila Anda mengkonsumsi air tebu.
, Majalah Kartini | 23/01/2017 - 15:36

5 Manfaat Dibalik Kesegaran Air Tebu

MajalahKartini.co.id – Tebu merupakan tanaman yang paling banyak ditemui di Indonesia. Oleh karena itu orang Indonesia menemukan banyak cara kreatif dalam mengolah tebu sehingga dapat dijadikan sebagai olahan minuman yang menyegarkan, salah satunya adalah air tebu.

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, karena di dalamnya terkandung kandungan glukosa yang dapat menciptakan rasa manis alami. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambahakan gula lagi, karena pada dasarnya rasanya sudah memang manis. Berikut adalah sedikit dari kandungan yang terdapat dari tebu diantaranya gula, zat besi, fosfor, tembaga, lemak, protein, kalsium, dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja manfaat air tebu yang dapat menjadi patokan kita agar dapat memilah-milah mana minuman yang baik untuk kesehatan tubuh? Berikut uraiannya.

Ternyata di balik olahan air tebu yang menyegarkan tersimpan beberapa manfaat untuk kesehatan. Inilah manfaat air tebu seperti dilansir dari boldsky.com.

1. Menyembuhkan penyakit kuning
Air tebu merupakan obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Penyakit kuning adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin di dalam darah. Penyakit ini terjadi karena menurunnya fungsi hati. Namun air tebu mampu mengembalikan kekuatan fungsi hati sehingga air tebu mampu menyembuhkan penyakit kuning.

2. Menyembuhkan infeksi
beberapa infeksi seperti infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual, hingga peradangan pada perut mampu disembuhkan dengan segelas air tebu.

3. Mengobati batu ginjal
Batu ginjal terjadi karena dehidrasi di dalam tubuh. Oleh karena itu untuk menghidrasi tubuh kembali, Anda dapat mencoba mengkonsumsi air tebu secara rutin. Air tebu juga mempunyai kandungan alami yang dapat memecah batu ginjal.

4. Baik untuk penderita diabetes
Air tebu baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebab air tebu mengandung pemanis alami. Sehingga tidak membahayakan atau memicu penyakit diabetes.

5. Mencegah kanker
Karena kandungan alkali di dalamnya, air tebu baik untuk mencegah kanker terutama kanker usus besar, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Jadi ternyata mengkonsumsi air tebu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya saat musim kemarau atau ketika cuaca sedang panas. Banyak manfaat kesehatan yang sebelumnya memang tidak pernah diketahui. Selain itu nutrisi air tebu juga sangat lengkap dan sangat baik untuk tubuh. (Foto:ramesia)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: