13 Resolusi Diet di Tahun 2018

Ini adalah kebiasaan makan terbaik untuk menurunkan berat badan dengan cepat.
, Majalah Kartini | 05/01/2018 - 15:07


MajalahKartini.co.id – Berat badan Anda tergantung pada dua parameter yakni jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda melalui makanan, dan jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari untuk pemeliharaan fungsi tubuh Anda dan selama latihan berat. Jika yang pertama melebihi yang terakhir, Anda akhirnya mendapatkan berat badan. Dan sebaliknya. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Berikut beberapa kebiasaan makan terbaik yang bisa membantu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda.

1. Makan Sebelum Pukul 19.00
Mengapa pukul 19.00? Karena bagi kebanyakan orang itu hampir 3 atau 4 jam lebih awal dari waktu tidur, yang cukup bagi saluran pencernaan Anda untuk mencerna makan malam Anda. Jadi Anda tidak merasa nyaman saat berbaring di tempat tidur nanti. Plus, makan pada jam ini memberi tubuh Anda waktu puasa 12 atau 13 jam dari makan malam sampai sarapan pagi. Ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi jumlah kalori yang Anda makan sepanjang hari.

2. Singkirkan Semua Gangguan Saat Anda Makan
Jika Anda berfokus pada layar ponsel cerdas Anda atau menonton film atau bahkan membaca buku saat Anda makan, pada dasarnya Anda tidak fokus pada apa yang Anda masukkan ke dalam mulut dan tubuh Anda. Ini adalah cara tercepat untuk menambah berat badan, karena makan yang tidak fokus tidak memahami isyarat tubuhnya karena penuh, dan cenderung terlalu banyak makan.

3. Duduklah Saat Makan
Mungkin terdengar aneh, namun para periset telah membuktikan bahwa mereka yang berdiri ketika makan akhirnya makan 30% lebih banyak dari yang dibutuhkan saat makan berikutnya. Dan, sementara mekanisme pasti di balik fenomena ini tidak diketahui, para ilmuwan berteori bahwa itu karena manusia diprogram secara genetis untuk duduk dan makan. Jadi, ketika Anda berdiri, tubuh Anda gagal untuk mendaftarkan makanan yang Anda makan saja, menyebabkan Anda makan berlebihan saat makan berikutnya.

4. Masak Makanan Di Rumah
Bila Anda terbiasa memasak, Anda lebih memperhatikan bahan yang Anda olah dan apa yang Anda masukkan ke piring Anda. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan, masaklah makanan di rumah lebih sering.

5. Memesan Makan Siang Anda Saat Anda Tidak Lapar
Saat Anda dimanjakan dengan layanan pesan antar, saat Anda ingin makan, Anda cukup memesan melalui aplikasi dan makanan Anda akan tiba segera. Jadi bantulah diri Anda sendiri dan pesanlah makan siang Anda setidaknya dua jam sebelum waktu makan. Dengan cara ini, Anda tidak akan lapar saat Anda memesan dan akan memesan sesuai dengan kapasitas Anda yang sebenarnya untuk dimakan daripada memesan lebih banyak karena Anda sangat lapar.

6. Jangan Makan Saat Anda Bosan
Jangan khawatir Anda bukan satu-satunya yang makan saat bosan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengubah kebiasaan buruk Anda. Jadi, pada saat Anda bosan, carilah hiburan lain selain mengunyah apa pun yang Anda hadapi. Ingin beberapa ide? Baca buku, nonton film, main game, dan kegiatan lainnya.

Baca juga: Ingin Berat Badan Turun 8 Kg Ikuti Cara Diet Berikut

7. Makan Makanan Berserat
Karena makanan pengganti dapat mengisi perut Anda sebentar, tapi setelah beberapa saat Anda akan lapar lagi, yang dapat menyebabkan Anda menghabiskan lebih banyak kalori sepanjang hari. Jadi, makanlah seluruh makanan karena mengandung banyak serat di dalamnya sehingga membuat Anda kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

8. Reward Yourself With Things, Bukan Makanan
Pernahkah Anda memenangkan sesuatu yang besar dan kemudian memutuskan untuk makan di luar untuk merayakan kesuksesan Anda? Dan saat melakukan hal ini terkadang tidak akan merugikan Anda, jika Anda terus “merayakan” beberapa kali setiap bulan tubuh Anda akan membengkak. Jadi, bantulah diri Anda dan pilihlah hadiah yang berbeda untuk diri Anda saat Anda memenangkan sesuatu. Anda bisa menggantinya dengan perjalanan ke suatu tempat, berkencan, atau bahkan membeli pakaian atau sepatu yang Anda inginkan sejak lama. Pastikan itu tidak ada hubungannya dengan makanan.

9. Bawa Beberapa Makanan Sehat
Kita cenderung makan berlebih pada saat makan berikutnya saat kita menunda rasa lapar karena tubuh kita diprogram untuk menyimpan lemak ekstra jika kita tidak dapat makan saat kita lapar lagi. Sebagai gantinya, bawalah apel kecil, atau beberapa kacang, atau makanan ringan sehat lainnya setiap saat. Sehingga saat Anda lapar Anda bisa mengatasinya dengan cepat.

10. Minum Air Saat Anda Haus, Jangan Memuaskan Haus dengan Makanan
Kita sering cenderung makan saat kita haus dan tidak memiliki air di sekitar kita. Jadi, bawakan sebotol air kecil bersama Anda setiap saat. Jika Anda kehausan, Anda bisa memenuhinya dengan minuman yang tepat dan bukan dengan makanan yang salah.

11. Buatlah Rencana Makan
Mengetahui dengan tepat apa yang akan Anda makan dapat membantu Anda melakukan booting dari hasrat yang tidak sehat. Jadi, rencanakan makanan Anda terlebih dahulu dan bersiaplah untuk itu, seperti membeli bahan makanan, memotong beberapa sayuran, dan menyimpannya dengan baik. Dengan cara ini, Anda akan cenderung meninggalkan rencana Anda saat Anda merasa lapar.

12. Jangan Minum Minuman Zero-kalori
Berbagai minuman mengatakan bahwa Anda tidak akan gemuk jika meminumnya, jangan percaya. Karena sebenarnya minuman zero-kalori menggantikan gula dengan pemanis buatan yang menipu tubuh Anda secara akurat sehingga memicu semua jalur gula yang sama saat dikonsumsi, sehingga membuat Anda bertambah gemuk tanpa kalori.

13. Mulailah Makan dengan Salad
Salad memiliki kalori sangat sedikit namun kaya serat. Jadi makanan sehat ini mengisi kebutuhan tubuh Anda cukup banyak bahkan sebelum Anda makan sisa makanan Anda, sehingga mengurangi jumlah makanan (dan kalori) yang akhirnya Anda konsumsi.

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: