Teman Bumil, Aplikasi untuk Ibu Hamil Indonesia

Hadir sebagai jawaban akan sedikitnya aplikasi kehamilan di Indonesia.
, Majalah Kartini | 04/12/2017 - 14:07


MajalahKartini.co.id – Saat hamil, ada banyak hal baru yang akan dirasakan ibu hamil (bumil) tiap harinya, baik menyangkut perkembangan janin atau perubahan tubuh sendiri. Kehamilan memang menjadi masa yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Mengapa menegangkan? Umumnya karena bumil cemas dan selalu ingin melakukan yang terbaik agar Si kecil tumbuh sehat dan optimal.

Belum lagi ketakutan yang biasanya mengintai selama hamil, seperti apakah si Kecil sempurna? Sudah sehatkah makanan Mums? Amankah mengonsumsi makanan tertentu? Benarkah mitos A, B, dan C, yang beredar di masyarakat? Benarkah bersalin itu sakit? Perasaan-perasaan tersebut akan dialami berkali-kali lipat oleh bumil yang sedang melewati kehamilan pertama.

Jika perasaan dan kecemasan ini tidak dikelola dengan baik, bumil akan stres sehingga berimbas negatif pada kondisi janin. Penelitian menyebutkan ibu hamil yang stress bisa berisiko keguguran. Karena itu, selama kehamilannya, bumil membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Berdasarkan survei yang dilakukan Teman Bumil pada 400 ibu hamil dan ibu yang sudah pernah hamil, diketahui bahwa 99 persen setuju bahwa dukungan selama hamil sangat panting dan memudahkan proses kehamilan. Sayangnya, hanya 47 persen ibu mendapatkan dukungan tersebut setiap hari. Bahkan, sebanyak 1,6 persen responden mengaku tidak pernah mendapat dukungan dari siapa pun ketika hamil.

Sebagai bentuk dukungan untuk ibu hamil Indonesia, GueSehat.com membuat aplikasi Teman Bumil. Dukungan untuk ibu hamil tidak hanya bisa didapat dari suami atau keluarga terdekat. Dengan semakin majunya teknologi, aplikasi kehamilan juga ikut menyumbangkan perannya dalam mendukung ibu hamil, yaitu menyediakan informasi-informasi tepercaya.

Ajeng Raviando, Psi, psikolog ingin memastikan para bumil bahwa dukungan dan support juga bisa didapat dari para ahli seperti mereka. “Penelitian menunjukkan bahwa memiliki teman mampu menimbulkan rasa saling memiliki, meningkatkan rasa aman dan nyaman sehingga dapat menjadi penopang psikologis dan mengurangi tekanan emosional yang dihadapi calon ibu,” ujar Ajeng pada peluncuran aplikasi Teman Bumil di Jakarta, Rabu (29/10).

Dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, Sp.OG mengatakan bumil biasanya mengalami masalah serta keluhan, dan terkadang bingung untuk mencari saran darimana. “Nah, biasanya mereka cari saran dari orang tua, mertua, atau teman yang pernah hamil. Maka dari itu, bumil sebenarnya butuh teman untuk berkeluh kesah. Cocok sekali ada aplikasi (Teman Bumil) seperti ini, karena bisa menjadi salah satu teman untuk bumil,” ujarnya.

Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Sandra Dewi, selebritis. Sandra saat ini memasuki usia kehamilan 9 bulan. Sandra mengatakan kehamilan pertamanya ini ia mengaku tidak memiliki pengetahuan mengenai kehamilan. dengan hadirnya aplikasi Teman Bumil ini sangat membantu perempuan berambut panjang ini. “Dengan aplikasi ini saya bisa lihat perkembangan janin. Saya jadi tahu harus melakukan apa dengan adanya fitur Checklist, dan bagaimana kondisi tubuh serta perubahannya di tiap minggu kehamilan. Aplikasi ini penting sekali untuk ibu hamii,” ujarnya.

Robyn Soetikno, co-founder Teman Bumil mengatakan, aplikasi buat ibu hamil ini hadir sebagai jawaban akan sedikitnya aplikasi kehamilan di Indonesia. “Memang, saat ini banyak aplikasi kehamilan berbasis bahasa inggris yang dibuat oleh produsen dari negara Iain. Namun, berapa banyak kontennya yang sesuai dengan budaya dan kondisi di Indonesia? Melihat kondisi tersebut, Teman Bumil hadir dengan konten yang sangat relevan dengan masyarakat dan budaya Indonesia,” jelas Robyn.

Tentang Teman Bumil
Teman Bumil, aplikasi untuk ibu hamil Indonesia, siap menemani kehamilan Mums dan membantu menjalaninya dengan nyaman. Teman Bumil memiliki beragam fitur andalan yang menarik sekaligus bermanfaat sebagai berikut.

1. Perkembangan janin dan perubahan Mums
Teman Bumil memberikan informasi perkembangan janin tiap minggu dan perubahan yang Mums rasakan, secara fisik maupun psikologis. Berbeda dengan aplikasi lain, Teman Bumil menyediakan informasi yang tidak hanya berfokus pada janin, tetapi juga ibu.

2. Checklist
Mums kebingungan apa saja yang harus dilakukan selama hamii? Teman Bumil memberikan list dan daftarnya untuk Mums! Jangan khawatir, daftar ini sudah diperiksa oleh tim medis Teman Bumil.

3. Agenda
Pernah mendengar istilah pregnancy brain? Beberapa Mums mengeluh menjadi lebih pelupa selama hamil. Beberapa literatur menyebutkan, perubahan hormon adalah penyebabnya. Nah, fitur Agenda di Teman Bumil, bisa menjadi solusinya. Mums tinggal meng-input to do list per hari. Teman Bumil akan menjadi asisten pribadi yang akan mengirimkan reminder untuk Mums.

4. Janin 360
Yuk, semakin dekat dengan buah hati Mums di dalam kandungan! Caranya, Iihat lebih detail perkembangan janin Mums di fitur ini. Klik pada tanda + (pin point), akan muncul informasi terkait perkembangan organ tersebut.

5. Album
Kehamilan menjadi momen yang tidak terlupakan. Karenanya, simpan semua foto dan kenangan (termasuk foto USG Mums) ke dalam album ini. Nantinya, Mums bisa tunjukkan pada si Kecil, betapa menyenangkan masa mengandungnya selama 9 bulan.

6. Artikel &Tips
Temukan beragam informasi tepercaya dan menarik selama kehamilan di fitur ini!

Fase ber’ikutnya, Teman Bumil akan hadir dengan tambahan fitur yang menarik lainnya, seperti Grafik Mum&Janin untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan Mums, Resep Makanan Sehat, dan Nama Bayi. (Foto: Andim)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: