Takjil yang Baik untuk Ibu Hamil Saat Berpuasa

Bagi ibu hamil yang berpuasa sangat disarankan untuk tidak sembarangan mengonsumsi takjil.
, Majalah Kartini | 29/05/2017 - 17:18

Takjil yang Baik untuk Ibu Hamil Saat Berpuasa

MajalahKartini.co.id – Bulan Ramadan 2017 identik dengan sajian takjil saat berbuka. Hanya saja, takjil yang disajikan kebanyakan seperti kolak atau cendol cenderung tinggi kalori dan lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. “Selama perut kosong, makanan yang tinggi kalori dan lemak sulit dicerna. Padahal kita butuh makanan yang cepat menaikkan gula darah,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, Diana F Suganda MKes, beberapa waktu lalu.

Menurut Diana, takjil yang paling baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang berpuasa adalah kurma. “Kurma mengandung bahan alami yang mengandung 25 sampai 30 kalori per butir. Namun bukan berarti makan kurma ini berlebihan, bukan satu stoples ya,” imbuhnya.

Selain itu, Diana juga menyarankan ibu hamil untuk berbuka puasa dengan bubur kacang hijau yang tinggi protein untuk menjaga pertumbuhan janin. “Saat buka puasa, lebih baik ibu hamil mengonsumsi bubur kacang hijau. Namun jangan tambahkan santan atau susu kental. Anda bisa menggantinya dengan susu UHT atau susu rendah lemak,” pungkasnya. (Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: