Suami Ngidam Saat Istri Hamil Muda

Di awal kehamilan Anda akan merasakan perubahan perilaku dan lebih sensitif, benarkan suami juga dapat mengalaminya?
, Majalah Kartini | 29/10/2016 - 10:00

 

MajalahKartini.co.id – Pernahkah Anda melihat atau mendengar keluhan pria mengalami pusing, mual dan muntah saat istrinya hamil mudah, atau bahkan suami Anda mengalaminya sendiri saat Anda hamil mudah?. Jangan heran jika fenomena “Ngidam” juga dialami sang suami.

Para pria ini ternyata menjadi lebih emosional, cengeng, sering pusing, mual bahkan juga mengalami mood swing. Calon ayah ini juga mengaku mengidam makanan yang tidak seperti biasanya. Jadi jangan heran ketika tengah malam suami Anda meminta sesuatu yang aneh-aneh, atau dia mendadak punya kebiasaan janggal.

Bahkan ada juga yang mengalami nyeri kehamilan imajiner. Para pakar menyebut fenomena ini sebagai Sindrom Couvade, yang bisa disebabkan oleh dua hal yaitu stres karena perubahan kondisi saat pasangan hamil dan rasa simpati terhadap istrinya.

Studi yang dilakukan Dr. Arthur Brennan dari Kingston University and St. George’s University of London, menyatakan bahwa para suami bisa mengalami perubahan hormonal karena tubuh mereka meniru gejala kehamilan istrinya sebagai cara menyiapkan diri mereka sebagai seorang ayah yang nantinya akan merawat anak. Studi tersebut juga menyatakan bahwa calon ayah ini mengalami kenaikan hormon prolaktin yang banyak ditemukan pada ibu menyusui, sehingga mereka menjadi lebih lembut dan emosional. (Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: