Puasa, Beri Banyak Manfaat bagi Ibu Hamil

Positif dan negatif puasa bagi ibu hamil wajib konsultasi kepada dokter.
, Majalah Kartini | 23/05/2017 - 19:01

Puasa,-Beri-Banyak-Manfaat-bagi-Ibu-Hamil

MajalahKartini.co.id – Selama kesehatan ibu hamil dan janin dinyatakan baik oleh dokter, tidak ada pantangan jika Anda ingin melaksanakan ibadah puasa. Hal tersebut disampaikan oleh dr Diana F Suganda, M.Kes, Sp. GK dalam diskusi media dengan tema “Nutrisi Seimbang bagi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui Selama Berpuasa”, Selasa (23/5) di Senayan, Jakarta.

“Ibu hamil memang bisa berpuasa namun, tetap harus konsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan risiko puasa pada kehamilannya dan bisa memberi saran bagi kesehatannya selama puasa,” terang Diana.

Biasanya ketika pemeriksaan, dokter biasanya akan memberikan penilaian tentang berat badan ibu hamil. “Jika kenaikan berat badan Anda selama awal hamil tidak mencapai 3.5-4Kg, atau di akhir kehamilan kenaikannya dibawah 12.5-14Kg, maka disarankan tidak berpuasa karena akan mengganggu perkembangan janin,” jelas Diana, salah satu dokter kandungan dari Rumah Sakit Pondok Indah.

Sebaliknya jika kondisi kandungan dinyatakan baik dan selalu memperhatikan nutrisi seimbang maka berpuasa tidak akan mengganggu perkembangan janin. Bahkan, puasa bisa memberikan manfaat kesehatan bagi janinnya. “Bagi ibu hamil dan janin, makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan. Karena overnutrisi pun justru membuat kegemukan bagi ibu dan janin dan dapat menimbulkan penyakit degeneratif,” lanjut Diana.

Membersihkan tubuh dari kotoran dan racun atau detoksifikasi merupakan salah satu manfaat yang didapatkan oleh ibu hamil ketika berpuasa. “Puasa sering disebut sebagai terapi detoksifikasi. Dengan berpuasa berarti membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita,” kata Diana. Berpuasa diakui mampu menghasilkan enzim antioksidan yang dapat zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. (Foto: dok.RSPI)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: