Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman bagi Ibu Hamil

Posisi tidur ibu hamil yang tepat penting untuk menjaga janin tetap aman.
, Majalah Kartini | 18/09/2017 - 19:08

MajalahKartini.co.id – Kehamilan bagi seorang ibu adalah masa paling bahagia, namun di masa itu ada beberapa ketidaknyamanan yang akan ibu hamil rasakan. Seperti masalah tidur yang tidak cukup karena posisi tidur yang kurang nyaman dan kurang enak.
Ada beberapa posisi tidur ibu hamil yang nyaman dan menjaga janin tetap aman berada di dalam kandungan.

Dilansir dari Boldsky, Anda yang merasa sulit tidur saat hamil bisa mencoba posisi berikut ini:

1. Tidur miring ke kiri

Tidur miring ke kiri adalah posisi yang sangat nyaman untuk bayi hamil. Karena dengan tidur posisi seperti ini dapat meningkatkan aliran darah Anda. Agar lebih nyaman, pilih bantal yang empuk untuk menopang tubuh dengan baik dan tidak menyebabkan leher sakit keesokan harinya.

2. Tidur telungkup

Beberapa minggu awal kehamilan, Anda masih diperbolehkan untuk tidur telungkup. Terutama saat pinggang Anda terasa tidak nyaman. Namun, lebih dari usia kehamilan 20 minggu, Anda wajib tidur telentang.

3. Tekuk sedikit lutut Anda

Sedikit menekuk lutu Anda adalah salah satu cara tidur yang nyaman dan aman saat hamil. Lalu miringkan sedikit bagian tubuh ke kiri. Sebaiknya tidak memiringkan tubuh ke kanan karena dapat mengurangi aliran darah dalam tubuh.

4. Tambahkan Kenyamanan

Untuk menambah kenyamanan saat tidur, ganti kasur, guling bahkan bantal Anda. Perbanyak bantal juga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak. Seperti, selipkan bantal antara lutut atau pinggul Anda. (Cindy/Foto: ilustrasi)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: