Kurangi Cemas Hadapi Persalinan, Ibu Hamil Bisa Lakukan Ini

Perasaan cemas kerapkali dialami oleh ibu hamil yang akan melahirkan anak pertamanya.
, Majalah Kartini | 05/10/2017 - 17:03

MajalahKartini.co.id – Usia kehamilan yang semakin tua menandakan semakin dekat waktu untuk melahirkan. Mungkin karena sering mendengar cerita pengalaman melahirkan yang menyakitkan dan melelahkan, beberap ibu jadi khawatir dan cemas. Perasaan ini kerap kali dialami oleh ibu hamil yang akan melahirkan anak pertamanya.

Knowledge is a power. Karena itu perlu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Perkaya diri dengan pengetahuan biar kita siap, sehingga kekhawatiran bisa sedikit berkurang,” saran psikolog klinik dewasa dari Tiga Generasi, Della. Della menyarankan jika ibu hamil khawatir atau mengalami stress berlebihan dengan sakitnya diinduksi, maka bisa bertanya kepada dokter kandungan.

Sebenarnya apa yang terjadi pada saat induksi diberikan. Lalu bisa juga bertanya butuh waktu berapa lama untuk menunggu sampai anak lahir sejak induksi dilakukan. “Termasuk juga bertanya harus menunggu sampai kapan sampai kemudian diputuskan melakukan caesar,” imbuh Della.

Pengetahuan yang didapat sejak awal akan sangat membantu ibu hamil mengurangi kecemasaannya. Selain itu, mungkin Anda bisa bergabung dengan komunitas ibu-ibu sehingga bisa berbagi keluhan dan saran. Bergabung dengan kegiatan olah fisik khusus ibu hamil juga bisa menjadi persiapan menghadapi proses persalinan.

Tidak perlu mencemaskan perihal melahirkan secara caesar atau vaginal birth. Kalau kondisi tubuh memungkinkan, tentu vaginal birth tidak menjadi masalah. Tapi harus diingat, ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat Anda harus melahirkan secara caesar demi keselamatan Anda dan bayi Anda. “Bagaimanapun juga anak akan punya jalannya sendiri untuk lahir ke dunia. Jadi jangan takut dengan caranya,” tutup Della. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: