Kontrasepsi, Investasi Kesehatan untuk Selamatkan Kehidupan

Diperkirakan, bahwa penggunaan kontrasepsi dapat mengurangi 112 juta aborsi, 1,1 juta kematian bayi, dan 150 ribu kematian ibu.
, Majalah Kartini | 03/10/2017 - 14:08

MajalahKartini.co.id – Menurut World Contraception Day Coalition Data 2017, setiap tahun di dunia terdapat 80 juta kelahiran dari kehamilan yang tidak dikehendaki. Yang lebih mengerikan lagi 40 juta kelahiran itu berakhir dengan aborsi. Dan ternyata 16 juta kelahiran tersebut datang dari perempuan usia muda antara 15 – 19 tahun, usia yang berisiko tinggi untuk melahirkan. Bagaimana dengan Indonesia? Menurut data BKKBN tahun 2016 terdapat 4 juta kelahiran di Indonesia, yang setara dengan penduduk Singapura.

Fakta-fakta di atas akan terus diingatkan kepada khalayak ramai pada momentum Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia, yang jatuh setiap tanggal 26 September, beberapa waktu lalu. Hari Kontrasepsi Sedunia diperingati guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkeluarga berencana, dengan tujuan menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan, menurunkan angka aborsi, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta mewujudkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bagi perempuan, anak-anak dan keluarga.

Setiap 1 dolar yang diinvestasikan untuk kontrasepsi, dapat menghemat 1,47 dolar dalam perawatan kesehatan untuk kehamilan. Sementara itu, Direktur Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Dr. Eni Gustina, MPH mengungkapkan “Penelitian telah menunjukkan bahwa kontrasepsi, merupakan alat investasi kesehatan untuk menyelamatkan kehidupan dan meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak. Pada skala global, kontrasepsi memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi bagi tujuan pembangunan berkelanjutan jangka panjang, khususnya dalam penurunan Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu“.

Dibutuhkan peran serta seluruh tenaga kesehatan khususnya bidan di Indonesia untuk lebih mensosialisasikan kembali mengenai pentingnya penggunaan kontrasepsi kepada masyarakat Indonesia guna menyukseskan program Keluarga Berencana untuk mewujudkan Indonesia sehat dan sejahtera. (Foto: DKT Indonesia)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: