Keuntungan Perah ASI dengan Tangan dan Pompa ASI

Untuk memerah ASI, Anda dapat menggunakan tangan kosong maupun dengan bantuan pompa ASI,
, Majalah Kartini | 19/02/2018 - 14:03

MajalahKartini.co.id – Saat Anda sedang dalam masa menyusui tentu sangat dekat dengan urusan memerah ASI. Ada dua cara yang biasa dilakukan seorang ibu saat memerah ASI, dengan tangan atau bantuan pompa ASI. Keduanya memiliki kelebihan atau keuntungan masing-masing. Sang ibu yang paling mengetahui kondisi apa yang dialami untuk menentukan metode paling mendekati kebutuhan.

Terlepas dari metode memerah ASI yang Anda pilih, baik menggunakan pompa manual atau elektrik maupun dengan tangan secara langsung, lakukanlah dengan sabar dan selalu optimis. Untuk membantu proses pemerahan ASI, pikirkanlah si bayi, bahkan kalau perlu sambil memandangi foto si bayi. Duduk dengan tenang dan bayangkan susu mengalir juga dapat menambah optimisme Anda.

Untuk memerah ASI, Anda dapat menggunakan tangan kosong maupun dengan bantuan pompa ASI, baik pompa manual atau pompa elektrik. Berikut adalah beberapa fakta kelebihan yang harus Anda ketahui, seperti dilansir dari laman Alodokter:

1. Memerah ASI Menggunakan Tangan
1. Gratis, merupakan salah satu keunggulan metode memerah ASI menggunakan tangan. Bunda selalu siap sedia memerah ASI di mana saja dan kapan saja tanpa repot membawa perlengkapan pompa.
2. Memerah dengan tangan sangat berguna ketika proses menyusui dipenuhi tantangan pada hari-hari awal, misalnya karena bayi sedang kurang sehat atau berkondisi bayi prematur.
3. mungkin agak sulit dilakukan, tetapi jangan putus asa untuk terus berlatih. Setelah terbiasa dan terampil, Bunda dapat lebih mudah memerah ASI dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya.
4. Makin dini Bunda mulai memerah menggunakan tangan, maka akan makin besar volume ASI yang dapat diproduksi payudara.

2. Memerah ASI Menggunakan Pompa

1. Anda bisa meghemat tenaga karena pompa elektrik merupakan mesin yang dapat bekerja memompa ASI.
2. Anda masih dapat melakukan aktivitas lain selagi Anda memerah ASI
3. Jika Anda hanya menggunakan pompa elektrik yang masih sederhana, Anda dapat memerah ASI dan menyusui bayi bersamaan.
4. Anda dapat memerah sekaligus kedua payudara Anda                                                                                                                                          5.Lebih mudah saat dilakukan ketika Anda sedang dalam perjalanan dan berada dalam mobil, Anda bisa menggunakan nursing apron.

Dalam memerah ASI, Sudah tentu dari kedua teknik baik tangan atau pompa memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Apapun yang menjadi pilihan Anda sebaiknya pilih yang menurut Anda paling nyaman dan yang paling baik untuk Anda sendiri. (Foto:

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: