KB Pasca-persalinan Guna Menanggulangi Kehamilan Dini

Menurut riset Pusat Intelegensia Kesehatan Kemenkes RI, usia minimal pernikahan adalah di usia 23 tahun.
, Majalah Kartini | 01/11/2017 - 09:02

MajalahKartini.co.id – Pemuda merupakan generasi masa depan bangsa Indonesia. Pendidikan untuk kesehatan reproduksi perlu diberikan kepada pemuda Indonesia, guna menanggulangi tingginya angka pernikahan dini yang terjadi saat ini. Menurut data BKKBN tahun 2016, pernikahan yang dilakukan remaja berusia 15-19 tahun diketahui masih tinggi di Indonesia, yang menyebabkan tingginya angka kelahiran di bawah usia 19 tahun.

Saat ini, Kementerian Kesehatan RI sedang menggencarkan kampanye KB pasca persalinan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi kehamilan dini di Indonesia. dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan menurut riset Pusat Intelegensia Kesehatan Kemenkes RI, usia minimal pernikahan adalah di usia 23 tahun.

“Karena pada usia tersebut, badan laki-laki dan perempuan tidak mengalami pertumbuhan lagi. Sehingga sudah siap fisik, mental, maupun diharapkan dapat matang secara ekonomi, dalam artian sudah dapat bekerja secara produktif. Untuk itu, penyuluhan mengenai pentingnya kesehatan reproduksi sangat penting untuk didapatkan oleh pemuda di Indonesia,”

Selain itu, riset Kementerian Kesehatan RI yang meneliti mengenai risiko kematian ibu terhadap interval kehamilan juga menemukan bahwa jarak ideal seorang ibu untuk mempunyai anak kembali adalah 4 hingga 5 tahun atau 5 kali masa gestasi. Karena proses recovery tubuh ibu untuk dapat hamil kembali membutuhkan waktu 4 hingga 5 tahun. Oleh karenanya, kami saat ini menghimbau kepada masyarakat mengenai pentingnya KB pasca persalinan” ujar Eni.

Pemerintah memprediksi bahwa pada tahun 2018, angka kelahiran di Indonesia akan mencapai 5,3 juta. Atau setara dengan penduduk Singapura dan Denmark. Untuk itu, KB Pasca Persalinan penting untuk mengatasi masalah kontrapopulasi di Indonesia. Berbicara tentang KB Pasca Persalinan, IUD merupakan salah satu metode KB terbaik yang dapat digunakan pasca persalinan, karena efektivitas, keamanan dan kenyamanannya. (Foto: Kabar News)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: