Ini Penyebab Perempuan Hamil Alami Ngidam

Mau ini mau itu secara mendadak akan dirasakan oleh para perempuan yang sedang hamil.
, Majalah Kartini | 25/08/2017 - 21:02

Ini-Penyebab-Perempuan-Hamil-Alami-Ngidam

MajalahKartini.co.id – Sangat banyak cerita dan pengalaman yang akan dirasakan oleh Anda yang saat ini sedang menantikan kelahiran buah hati, mulai dari mengandung hingga menyusui. Ngidam menjadi sebuah pengalaman yang sangat seru, unik, dan tidak terlupakan. Umumnya ngidam ditandai dengan besarnya keinginan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu selama kehamilan.

Dijumpai pada Media Gathering Festival Ngidam SGM Bunda, Dr. Med. dr. Damar Prasmusinto, SpOG (K) memaparkan bahwa “ngidam adalah hal wajar bagi Bunda hamil, biasanya dipicu oleh meningkatnya Peptida Opiod Endogen (POE). Di mana terdapat hubungan kuat antara POE dengan asupan makanan. Hal ini tentunya perlu dicermati oleh Bunda, karena seringkali Bunda kesulitan untuk mengontrol keinginan sehingga cenderung melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi.”

Baca juga: Ketahui Alasan Ibu Hamil Ngidam

Meskipun  sering ngidam yang aneh-aneh, tidak semua ngidam bisa dipenuhi, karena para Anfa harus menyadari pentingnya mengatur kebutuhan gizi dan nutrisinya untuk menghindari resiko negatif pada saat melahirkan. Berat badan kurang dan kelahiran prematur menjadi hal yang paling riskan terjadi pada calon bayi. Untuk menghindari kurangnya nutrisi dan gizi pada calon bayi, perlu ditingkatkan kebutuhan asupan karbohidrat, protein, dan lemak yang diseimbangkan dengan mikronutrien yang cukup seperti asam folat, zat besi, dan kalsium.

“Untuk itu, Anda dapat menjadikan momen ngidam sebagai kesempatan dalam memenuhi kecukupan nutrisi harian dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak hanya lezat namun juga sehat. Contohnya, menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula dan minyak berlebih. Jika Bunda ingin mengonsumsi kudapan lezat dan bernutrisi, Bunda dapat memilih buah potong, jus buah segar, atau agar-agar kaya serat. Yang paling utama, Bunda dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang dengan pola makan bergizi 3x sehari, air mineral 10 gelas/hari, dan dilengkapi konsumsi susu khusus kehamilan setiap hari”, jelas dr. Damar.

Baca juga: Kebahagiaan Tak Terlupakan Bersama ‘Festival Ngidam’

Tidak hanya kecukupan nutrisi harian yang harus dipenuhi, kebutuhan psikologis  juga harus terjaga selama masa kehamilan. Di samping pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan terutama di saat ngidam. Rasa cemas dan khawatir seringkali dialami Bunda selama kehamilan dan yang dapat dipicu oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal dan tergantung pada tahapan trimester kehamilan Bunda.

Hal tersebut juga turut memicu timbulnya ngidam, karena ngidam cenderung dijadikan cara oleh Bunda untuk memberikan rasa nyaman dan mengurangi kecemasan berlebih. Bunda dapat memanfaatkan momen ngidam untuk dapat mengontrol emosi yang cenderung fluktuatif. Tidak hanya dari sisi konsumsi makanan dan minuman, namun juga ngidam yang menginginkan perhatian atau kasih sayang juga wajar untuk disampaikan Bunda, jelas Pakar psikolog keluarga Tara de Thouars, BA, M.Psi saat sesi diskusi Media Gathering Festival Ngidam SGM Bunda. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Felita Herlina Ciciliani).

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: