Ibu Hamil yang Cukup Tidur Terhindar dari Penyakit Ini

Ibu hamil bisa mengalami diabetes gestasional jika kurang mendapatkan tidur yang cukup.
, Majalah Kartini | 03/11/2017 - 17:10

MajalahKartini.co.id – Saat sedang hamil, kesehatan tubuh dan janin menjadi hal yang penting diperhatikan. Termasuk dengan pemenuhan kecukupan tidur setiap harinya. Kurang tidur pada ibu hamil ternyata dapat memicu penyakit.

Dilansir dari thehelathsite.com, ibu hamil bisa mengalami diabetes gestasional jika kurang mendapatkan tidur yang cukup. Diabetes ini adalah diabetes yang dialami sang ibu selama masa kehamilan. Tak kala, diabetes gestasional ini akan cenderung menjadi diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Profesor madya di University of Illinois, Chicago College of Medicine, Dr. Sirimon Reutrakul menjelaskan adanya kaitan antara kurang tidur dengan meningkatnya risiko diabetes pada sejumlah penelitian besar dengan populasi bukan ibu hamil. Ada pula penelitian yang menyebutkan kurang tidur dapat meningkatkan kadar gula darah ibu hamil walaupun hanya berupa peningkatan kecil.

Diabetes gestasional biasanya terjadi saat trimester kedua dan ketiga masa kehamilan. Sangat disarankan agar ibu hamil melakukan tes gula darah saat usia kehamilannya sudah mencapai 24 sampai 28 minggu. Namun biasanya kadar gula darah ibu akan kembali normal setelah melahirkan.

Cenderung ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes gestasional ini memiliki berat badan yang tinggi saat melahirkan. Sehingga nantinya dapat beresiko mengalami diabetes tipe 2 dan bayinya pun berisiko mengalami hal yang sama dan terkena obesitas. Pastikan selalu tidur yang cukup setiap harinya bagi para ibu hamil, selain itu harus tetap menjaga kebutuhan gizi dan nutrisi yang seimbang. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: