Ibu Hamil dan Menyusui Cocok Konsumsi Camilan Ini

Asupan makanan yang dikonsusmsi harus selalu diperhatikan sebab ibu hamil maupun menyusui mesti banyak memerlukan energi sekaligus dapat mempengaruhi produksi komposisi pada ASI.
, Majalah Kartini | 12/06/2017 - 18:06

 

Ibu Hamil dan Menyusui Cocok Konsumsi Camilan Ini

MajalahKartini.co.id – Ibu menyusui membutuhkan energi yang lebih besar untuk memproduksi ASI. Karena itu, ibu perlu camilan sebagai tambahan energi dalam pola makan ibu sehari-hari. “Wajar saja bila ibu menyusui lebih sering merasa lapar. Inilah pentingnya ibu mengonsumsi camilan sehat, baik makanan dan minuman, karena ibu menyusui memerlukan 500-600 kkal per hari,” ungkap Dr Emma Williams B dari The British Nutrition Foundation, seperti dilansir dari sumber M&B UK.

Berikut beberapa pilihan camilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk ibu hamil dan menyusui.

1. Karbohidrat
Menyusui bisa sangat melelahkan, coba konsumsi jenis makanan dari karbohidrat untuk menjaga energi Anda. Pilihan kentang, nasi, atau pasta, dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Pilihan lainnya adalah salad kentang, atau sepotong roti gandum panggang dengan irisan pisang.

2. Buah Segar
Konsumsi buah segar juga bisa menjadi pilihan camilan sehat, seperti pisang, apel, dan anggur juga akan memberi Anda tambahan energi dan nutrisi.

3. Ikan
Nutrisi dari ikan, seperti asam lemak omega-3 juga baik untuk diteruskan ke bayi Anda melalui ASI. Dr Emma menyarankan ibu menyusui untuk coba mengonsumsi ikan sarden. Namun, kenali juga apa saja sumber alergen pada Si Kecil, karena beberapa bayi memiliki alergi ikan laut.

4. Sayur-sayuran
Sayuran seperti wortel atau irisan mentimun dan jenis sayuran lainnya memiliki kadar air tinggi, cocok untuk mencukupi kebutuhan hidrasi Anda saat menyusui. Anda juga bisa mencicipi semangkuk kecil sup hangat untuk mengganjal perut Anda dalam beberapa jam.

5. Daging atau Telur
Tingkatkan asupan protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi telur rebus atau daging dan ayam yang disajikan dalam balutan sandwich kecil.

6. Susu
Konsumsi susu setidaknya 2 gelas per hari. Selain susu, keju juga bisa menambah kebutuhan kalsium ibu menyusui.

7. Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Sumber protein dan asam lemak esensial dari kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan camilan tepat yang dapat mengenyangkan Anda.

8. Air Mineral
Ibu menyusui perlu lebih banyak minum. Ibu menyusui memerlukan cairan tambahan sekitar 600-900 ml atau 4 gelas per hari untuk ibu menyusui. Peningkatan kebutuhan cairan ini disebabkan frekuensi berkemih yang meningkat ataupun kebutuhan untuk produksi ASI. (Foto: shutterstock)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: