Hindari 4 Hal Ini Agar Cepat Hamil

Saat kehamilan belum juga datang, jangan dulu panik dan berpikir Anda dan pasangan tidak subur. Buruknya gaya hidup dapat memicu sulitnya mendapatkan kehamilan.
, Majalah Kartini | 29/01/2017 - 11:02

Asian couple looking at pregnancy test

MajalahKartini.co.id – Istri yang sedang berusaha untuk mendapatkan kehamilan sering diingatkan untuk tidak melakukan beberapa hal yang bisa merusak keinginan Anda. Kali ini akan dijelaskan apa saja hal yang harus dihindari agar Anda bisa cepat memiliki anak.

1. Stres

Tak dapat dipungkiri jika setelah menikah akan banyak pertanyaan “Sudah hamil apa belum?” Satu dua kali tidak masalah. Tapi jika ada beberapa orang yang melontarkan pertanyaan senada, bisa jadi sangat mengganggu. Jika Anda merasa stress dengan kondisi itu, cobalah untuk menenangkan diri.

Lakukan hal-hal menyenangkan dan menenangkan agar tidak stress. Stress dapat mengacaukan siklus menstruasi sehingga menurunkan kesuburan.

2. Waktu istirahat kurang

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa hormone Leptin (yang berperan penting pada kesuburan wanita), kadarnya berkurang saat tubuh wanita kurang tidur. Cobalah untuk istirahat selama 7 jam. Jika ingin segera positif hamil, Anda sendiri harus sadar bahwa tubuh perlu istirahat yang cukup.

3. Hobby Ekstrim
Memiliki kegiatan atau melakukan olahraga tetap perlu dilakukan oleh pra ibu hamil. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan atau tekanan pada bagian perut maupun punggung secara alami. Namun, kegiatan yang dilakukan tentu saja bukan jenis kegiatan atau olahraga yang berat dan bahkan ekstrim. Karena, jika dilakukan justru bisa membahayakan kesehatan. Ada baiknya mengikuti senam untuk kehamilan atau konsultasi khusus dengan dokter kandungan.

4. Mandi dalam bak air panas
Poin ini mungkin terlihat sepele. Tapi percayalah, testis sangat sensitif pada suhu panas. Padahal agar bisa memproduksi sperma yang sehat dan sempurna, testis harus berada di lingkungan yang dingin agar suhunya pun mendingin.

Kerap bersepeda, sauna, dan menggunakan celana ketat juga bisa membuat suhu testis menjadi lebih tinggi. Untuk pria yang memang pernah didiagnosis tidak subur, mungkin perlu menghilangkan kebiasaan ini. Cukup hindari hal tersebut selama merencanakan kehamilan saja, bukan untuk sepanjang hidup.

Untuk menciptakan sperma yang matang, diperlukan waktu yang lama yaitu selama tiga bulan. Jika waktu lama tersebut rusak karena suhu testis selalu memanas, bukankah suami dan istri sama-sama merasa lelah dan sia-sia?

Menurut dr Dewi Prabarini, SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan membenarkan jika hal hal tersebut diatas sangat tidak dianjurkan ketika Anda sedang ingin merencanakan kehamilan.

“Saat Anda stres, ada kelenjar di otak bernama hipotalamus yang terganggu fungsinya. Padahal kelenjar tersebut salah satu fungsinya sebagai hormon yang memerintahkan produksi sel telur. Jelas kan akibatnya? Jika produksi sel telur terganggu, maka untuk hamil pun terhambat,” kata Dewi.

Buruknya gaya hidup dapat memicu sulitnya mendapatkan kehamilan. Itulah mengapa sebagai spesialis kebidanan dan kandungan, Dewi menyarankan pasangan yang ingin hamil untuk memperbaiki gaya hidup.

“Penyebab sulitnya sepasang suami istri untuk mendapatkan kehamilan dan keturunan sendiri sebenarnya ada banyak mulai dari penyakit, gangguan sistem reproduksi, gangguan hormonal, dan berbagai penyebab lain yang tentu saja, perlu dilakukan pemeriksaan serta pengobatan lebih lanjut untuk mengatasinya,” tambah Dewi.  (Foto: futuready)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: