Bagaimana Mencegah Kelahiran Bayi Prematur?

Melahirkan prematur sebaiknya Anda hindari, untuk itu beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memasuki masa kehamilan.
, Majalah Kartini | 13/12/2016 - 16:45

MajalahKartini.co.id – Salah satu tahapan yang paling penting dalam kehidupan seorang perempuan adalah kehamilan. Dan setiap wanita harus mengetahui segala hal selama periode kehamilan. Tentunya Anda sudah tahu kelahiran prematur, atau bahkan mengalaminya sediri saat melahirkan buah hati Anda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan Anda melahirkan prematur. Berikut adalah beberapa tips yang dapat mencegah kelahiran dini tersebut:

– Lakukan pemantauan secara berkala kehamilan Anda, makan makanan sehat, hindari penggunaan bahan kimia berbahaya atau obat-obatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan kelahiran prematur. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda berlaku jika Anda ingin menghindari kelahiran prematur.

– Menginformasikan diri. Bahkan sebelum hamil Anda harus berpikir tentang banyak aspek kesehatan Anda dan bayi. Terlebih dahulu Anda harus siap mental dan fisik untuk menjalankan program kehamilan.

– Aborsi sebelumnya? Jika tidak memungkingkan aborsi dilakukan sebelum meningkatkan risiko kelahiran prematur.

– Hindari penggunaan obat-obatan, rokok dan minuman beralkohol. Ketergantungan terhadap obat-obatan, rokok dan alkohol saat hamil akan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

– Sebelum pemberian obat apapun, Anda harus bertanya kepada dokter Anda. Karena beberapa obat yang digunakan memiliki efek negatif pada kehamilan Anda, dan dapat menyebabkan Anda mengalami keguguran.

– Ketika ibu memiliki infeksi, tubuh dan sistem kekebalan tubuh melemah akan sulit diatasi saat Anda dalam periode kehamilan. Jadi, sangat penting agar Anda menyingkirkan segala jenis infeksi sebelum memulai program kehamilan. Untuk itu analisis dokter tentang pengnyakit infeksi sangat diperlukan.

– Stres, olahraga, multitasking atau fertilisasi in vitro, semua ini merupakan risiko tinggi kelahiran prematur. (Foto:

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: