Ini yang Perlu Dipahami dari Perkawninan Beda Kewarganegaraan

Pernikahan beda kewarganegaraan ternyata memiliki kompleksitas permasalahannya sendiri.
, Majalah Kartini | 08/05/2017 - 21:07

Ini yang Perlu Dipahami dari Perkawninan Beda Kewarganegaraan

MajalahKartini.co.id – Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.” Demikian Ibu Yani Renata Uno, SH. MKN mengawali acara Ngobrol Cantik: Pra dan Pasca Pernikahan untuk Pasangan Beda Kewarganegaraan yang dilaksanakan pada Sabtu (6/5) di Jakarta.

Namun seringnya pada kenyataan ikatan itu kemudian memiliki akibat hukum yang cukup kompleks, terlebih ketika adanya perbedaan kewarganegaraan, banyak peraturan yang perlu dipahami. CaRe&Do sebagai komunitas yang memiliki kepedulian untuk memberikan sosialisasi kepada para pasangan beda kewarganegaraan.

Perjanjian perkawinan pada praktiknya menjadi lebih penting bagi mereka yang berjodoh dengan pasangan asal negeri seberang, khususnya terkait hak atas tanah. Banyak dari peserta tidak mengetahui jika tanpa perjanjian memisahkan harta, ada kemungkinan mereka kehilangan hak atas tanah. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh peserta yang seluruhnya adalah perempuan waktu terlewat dengan cepat. (Foto: Care&Do)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: