Begini Cara Menghemat Budget Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan yang memerlukan biaya cukup banyak itu bisa dihemat dengan cara ini.
, Majalah Kartini | 24/10/2017 - 15:01

MajalahKartini.co.id – Pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu pasangan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Pernikahan yang dilakukan sekali seumur hidup itu memerlukan banyak uang untuk menggelar pesta.

Tak masalah bagi pasangan yang memiliki budget tidak terbatas, namun bagaimana bagi pasangan yang berusaha keras untuk mengumpulkan modal pesta? Dilansir dari laman, berikut tips untuk menghemat budget pesta pernikahan:

1. Manfaatkan jejaring pertemanan

Manfaatkan koneksi yang bisa membantu pesta pernikahan, seperti teman yang berprofesi sebagai fotografer, videografer hingga make up artist yang memberikan diskon kepada teman. Anda pun jadi tidak canggung untuk meminta penyesuaian yang Anda inginkan.

2. Datang ke pameran yang tepat

Datanglah ke pameran pernikahan yang menghadirkan vendor dengan biaya yang lebih cocok untuk budget pernikahan Anda. Bila salah datang ke pameran, bisa-bisa Anda dan pasangan tergiur untuk memilih vendor yang memberikan kelengkapan dengan harga yang lebih mahal dari budget Anda.

3. Jangan buat yang murah jadi mahal

Berhematlah pada beberapa hal yang dananya dapat di tekan, seperti undangan. Tidak perlu membuat undangan yang terlalu mahal dan meriah karena pada akhirnya akan berujung pada tong sampah. Lebih baik mengalokasikan dana yang lebih penting seperti katering dan vanue.

4. Menghilangkan yang tidak penting

Semakin canggihnya teknologi, orang-orang berlomba untuk menyewa jasa fotografer agar bisa memamerkan betapa kerennya pernikahan mereka di media sosial. Tentu saja jasa fotografer tersebut menambah biaya budget Anda, apalagi jika Anda ingin melakukan sesi foto pre-wedding. Anda bisa mengakalinya dengan berfoto di tempat yang lebih murah, tidak perlu sampai ke luar kota atau luar negeri.

5. Teliti memilih paket pernikahan

Ada pula paket pernikahan yang mencakup segala hal dari venue hingga make up, menjadi solusi terbaik bagi pasangan. Namun Anda harus teliti memilih paket pernikahan karena berpotensi mengeluarkan uang lebih banyak.

Perhatikan secara teliti apa saja yang ditawarkan dari paket itu, seperti pilihan gaun yang terbatas atau jumlah foto yang dicetak hanya sedikit. Jangan sampai setelah Anda memilih dan membayar paket, Anda baru sadar gaun tidak sesuai atau jumlah foto yang dicetak ternyata kurang banyak. Anda juga bisa mengakalinya dengan mencetak foto-foto perkawinan di tempat cetak lain dengan harga lebih murah.

6. Mengatur katering

Pesta pernikahan biasanya akan menyediakan banyak gubuk-gubuk makanan dengan beragam hidangan lezat, kesan mewah tersebut bisa dilakukan dengan dana terbatas asalkan bisa memutar otak. Beberapa jenis makanan dari prasmanan bisa dipisahkan menjadi gubuk makanan sendiri, sehingga terkesan lebih banyak.

Menu tambahan dari paket prasmanan seperti lasagna, gado-gado dan lain-lain juga bisa dijadikan gubuk sendiri. Anda bisa mendapatkan tiga menu tambahan untuk gubuk makanan tanpa mengeluarkan uang tambahan karena makanan tersebut sudah satu paket dengan katering yang di pesan. (Cindy/Foto: Shutterstock )

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: