4 Hal ini Bisa Jadi Pemicu Perceraian di Indonesia

Tercatat dari tahun 2009 hingga 2016 lalu, angka perceraian mencapai 16-20 persen di Indonesia.
, Majalah Kartini | 17/10/2017 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Angka perceraian di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat dari tahun 2009 hingga 2016 lalu, angka perceraian mencapai 16-20 persen. Perceraian sebenarnya bisa diprediksi bahkan sebelum Anda menikah. Dikutip dari Health.com, para ahli perceraian menyebut hal ini sebagai sedikitnya “faktor risiko”.

1.    Orangtua yang bercerai

Jika orangtua Anda atau orangtua pasangan Anda adalah pasangan yang bercerai kemungkinan pola pernikahan dan perceraian tersebut dipengaruhi pernikahan orangtua. Hal tersebut diterbitkan dalamPsychological Science. Melihat orangtua bercerai biasanya memberikan kecenderungan mengalami perceraian itu sendiri.

2.    Menikah muda

Menurut bukti statistic analisis Institute of Family Studies menyebutkan bahwa menikah di usia remaja hingga 20 an mempunyai risiko besar mengalami perceraian dibandingkan mereka yang menikah di usia awal 30an. Sehingga bisa disimpulkan menikah di usia muda bisa menjadi pemicu perceraian.

3.    Wajah cantik atau tampan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personal Relationships, daya tarik fisik bisa menjadi pemicu perceraian. Dalam empat seri penelitian, peneliti menemukan bahwa memiliki pasangan yang cantik atau tampan membuat pasangan merasa tidak tenang menjalani pernikahan karena merasa cemburu, takut atau diselingkuhi.

4.    Dibesarkan tanpa agama

Walaupun Anda memiliki agama dalam KTP namun nyatanya tidak pernah menjalankan ajaran agama, bisa juga memicu perceraian. Menurut penelitian tahun 2012 dari data National Health Statistics, perempuan tanpa agama atau tidak menjalankan agamanya memiliki potensi 43 persen mempertahankan pernikahannya.

Meskipun faktor risiko tersebut belum tentu terjadi bagi banyak orang, tidak menutup kemungkinan menjadi pemicu terbesar perceraian selama ini. (Cindy/ foto: shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: