Wajib Miliki Dana Darurat, Hidup Terasa Aman

Setiap orang wajib memiliki tabungan untuk hal penting atau mendesak.
, Majalah Kartini | 26/10/2017 - 09:05

MajalahKartini.co.id – Setiap orang wajib memiliki tabungan dana darurat agar Anda memiliki uang yang bisa dipakai berjaga-jaga apabila ada hal penting atau mendesak. Seperti namanya, tabungan dana darurat hanya akan digunakan saat keadaan darurat, misalnya Anda kena PHK atau ada keluarga yang sedang kesusahan.

Lalu berapa seharusnya dana darurat yang harus disimpan dalam tabungan? melansir dari CNBC, menurut Miliarder Mark Cuban, setiap orang setidaknya menyimpan dana darurat berjumlah enam kali gaji. Hal yang sama diungkapkan perencana keuangan serta ahli finansial Suze Orman. Jika ingin merasa benar-benar aman, Anda bisa menyimpan dana sebesar delapan hingga 12 bulan kali gaji.
Ada sejumlah cara untuk mendapatkan dana darurat seperti dikutip dari laman wisebread:

1. Atur anggaran

Salah satu cara menyiapkan dana darurat yaitu dengan memangkas anggaran. Anggaran yang dihabiskan untuk makanan dan hiburan bisa dipangkas untuk tabungan darurat tersebut. Walaupun mengurangi hiburan dan kesenangan Anda, namun bisa membantu Anda mengelola keuangan.

2. Barang

Jika Anda sedang berada di situasi darurat dan tidak memiliki uang, barang-barang yang ada di rumah juga bernilai sebagai dana darurat. Saat menghadapi situasi darurat, Anda dapat menjual barang yang tidak diperlukan untuk mendapatkan uang. Anda bisa membawa barang berharga Anda ke pengadaian, bila Anda membutuhkan uang dalam waktu cepat.

3. Meninjam uang

Meminjam uang juga bisa membantu Anda menyiapkan dana darurat. Anda bisa meminjam uang dari seseorang terdekat misalkan teman dan saudara Anda. Namun sebaiknya Anda membuat perjanjian untuk meminjam uang dan berkomitmen untuk mengembalikan pinjaman tersebut. (Cindy/Foto: Thinkstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: