Tips Mengatur Keuangan untuk Perempuan Single

Belanja barang diskon atau promo menjadi salah satu ciri khas perempuan, terlebih lagi perempuan single.
, Majalah Kartini | 28/08/2017 - 13:10

MajalahKartini.co.id – Di zaman emansipasi ini, perempuan kini lebih mementingkan berkarir dibandingkan menjadi ibu rumah tangga yang mengurusi urusan di rumah saja. Terlebih untuk perempuan single, kesempatan ini pasti digunakan sebaik mungkin untuk membangun karir. Karena hidup perempuan single, pengeluaran pun tak mungkin sebanyak yang memiliki pasangan. Namun nyatanya perempuan lebih lemah terhadap barang diskon atau promo. Belanja barang diskon atau promo menjadi salah satu ciri khas perempuan. Oleh karena itu, artikel ini membantu para perempuan single untuk mengatur keuangan mereka dengan 4 cara, yaitu:

1.    Menahan diri untuk tidak berbelanja

Hindari melihat-lihat toko online maupun fisik. Karena, perempuan tidak bisa menahan diri saat melihat barang diskon atau promo. Sebaiknya menghindari melihat-lihat barang-barang tersebut. Lebih baik menabung uang tersebut untuk hal-hal yang lebih berguna atau sebagai tabungan masa depan Anda.

2.    Mengatur keuangan bulanan

Hitung pendapatan dan pengeluaran Anda tiap bulannya. Buatlah catatan kecil beserta keterangan pengeluaran keuangan Anda. Di akhir bulan nanti, Anda dapat melihat sendiri mengapa uang Anda cepat sekali habis. Anda bisa menghilangkan pembelian yang tidak begitu penting agar keuangan Anda bisa terkontrol untuk bulan berikutnya.

3.    Investasi

Di kala Anda masih single, akan lebih baik apabila bisa menginvestasikan uang Anda ke usaha atau produk yang bisa menghasilkan uang. Sehingga pengeluaran-pengeluaran bulanan tidak terlalu terasa karena Anda pintar memutar uang kembali ke dalam saku.

4.    Menabung dan siapkan uang darurat

Menabung adalah salah satu cara paling manjur untuk mengatur keuangan Anda. Sebelum memulai bulan berikutnya, sebaiknya simpanlah seperempat uang Anda untuk ditabung. Dianjurkan untuk membuat 2 rekening tabungan, satu untuk rekening pegangan dan satu untuk rekening tabungan Anda. Sehingga nantinya uang yang keluar hanya dari uang pegangan Anda, bukan uang tabungan anda. (Cindy / Foto :  sh-mr.net)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: