Ketika Najwa Shihab Bicara Perencanaan Keuangan, Ini Katanya

Najwa berasumsi bahwa mengelola keuangan dan mengatur sebaik-baiknya adalah hal yang penting agar bsa mencapai tujuan yang diinginkan.
, Majalah Kartini | 04/09/2017 - 19:03

MajalahKartini.co.id – Presenter kondang dan jurnalis senior Najwa Shihab bicara mengenai bagaimana dirinya mengatur keuangan dalam keluarga. Hal ini terkait dengan distribusi informasi literasi keuangan yang belum dipelajari oleh banyak keluarga. Setiap orang punya goal maisng-masing terkait perencanaan keuangan. “Goal saya adalah anak saya bisa dapat sekolah yang bagus, tak harus ke luar negeri tetapi dia bisa ada pilihan untuk melanjutkan sekolahnya nanti,’ ujarnya saat ditemui majalahkartini.co.id.

Najwa bercerita bagaimana ia dididik soal mengatur uang jajan saat dirinya kecil. “Saya ingat salah satu cara waktu kecil duduk di sekolah dasar menambah uang jajan adalah membuka perpustakaan kecil yang buku-bukunya disewakan, uang dipakai untuk beli buku lagi. Saya bersyukur Abi tak pernah melarang beli buku bahkan kami punya waktu khusus untuk beli buku,’ ujar Najwa yang tampil anggun dengan balutan outer ikat tenun.

Hal itu berpengaruh pada dirinya hingga kini, tentang bagaimana memandu anak agar bisa mandiri dalam hal keuangan, apalagi sekarang akses informasi juga banyak dan dimudahkan, belum lagi banyak godaan belanja online. “Saya selalu tekankan kalau ingin sesuatu harus nabung sejak sekarang, minimal untuk kebutuhan buat dia yang berasal dari uang jajan dia,” ucapnya.

Baca juga: Inilah Nilai Kehidupan yang Diterapkan Keluarga Najwa Shihab

Anak harus paham bagaimana menghargai uang hasil kerja keras, bekerja dulu baru mendapatkan apa yang diinginkan. Kuncinya adalah membuat anak mandiri dengan keputusan-keputusan yang dia ambil. “Skilnya sekarang adalah memilih dan mengelola informasi yang ada untuk masukan atas pilihannya tersebut,” tandasnya.

Najwa mengaku literasi keuangan agak sedikit terganggu karena biasanya anak justru dimanjakan oleh kakek neneknya. Seperti kebanyakan perempuan pada umumnya,  Najwa mengaku lemah soal belanja tas. ” Misal ada uang lebih ya saya lihat-lihat tas. Saya tidak fanatik dengan merek khusus, lebih ke model dan warna, suka warna hitam,’ ujarnya seraya tergelak.

Dalam hal perencanaan keuangan sendiri, Najwa dibantu oleh financial planner untuk mengatur perencanaan keuangannya. “Serahkan pada ahlinya karena saya merasa tidak ahli dibidang tersebut, jadi soal arahan investasi misal berupa barang akan dialokasikan kemana mereka bisa bantu memberi saran,’ pungkasnya. (Foto: Instagram)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: