Jadikan Perempuan Mandiri Secara Finansial

Program yang dirancang oleh Visa bersama OJK untuk mendidik perempuan agar dapat berbagi pengetahuan literasi keuangan.
, Majalah Kartini | 15/06/2017 - 21:03

Jadikan Perempuan Mandiri Secara Finansial

MajalahKartini.co.id – Sebuah program literasi keuangan bagi perempuan khususnya ibu rumah tangga #IbuBerbagiBijak diluncurkan melalui di Chubb Suare Jakarta, Selasa (13/6). Program yang dirancang oleh Visa bekerjasama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini dalam rangka mendidik dan memberdayakan perempuan, agar dapat berbagi pengetahuan mengenai literasi keuangan.

Program tersebut menyasar perempuan berusia 25-50 tahun termasuk ibu pekerja dan ibu rumah tangga yang tinggal di kota-kota besar, serta ibu yang melek internet. #IbuBerbagiBijak dilaksanakan sejak bulan Juni hingga Oktober 2017 dan mengusung konsep “train the trainer” yang terdiri dari dua tahap.

Harianto Gunawan selaku Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia mengatakan, program ini akan dimulai dengan serangkaian kegiatan lokakarya literasi keuangan untuk melengkapi perempuan dengan keterampilan manajemen keuangan yang benar. “Selain kegiatan lokakarya, kami juga akan menerbitkan sebuah buklet. Buklet ini berisi beragam informasi tentang literasi keuangan yang dikutip dari practicalmoneyskills.com dan buku-buku literasi keuangan yang diterbitkan oleh OJK,” jelas Harianto.

Pihaknya berharap kegiatan lokakarya tersebut dapat ikut membantu mendorong perempuan untuk mendidik orang-orang terdekat, keluarga ataupun tetangga. “Diharapkan juga perempuan dapat menyebarkan pengetahuan yang telah mereka peroleh selama mengikuti kegiatan lokakarya di sosial media,” ujarnya. Rangkaian program lokakarya tersebut akan dimeriahkan juga dengan sejumlah kompetisi video dan foto di media sosial melalui @IbuBerbagiBijak di Instagram.

Anggota Dewan Komisioner OJK yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan, pada 2017 perempuan dan ibu rumah tangga menjadi target edukasi dalam rangka implementasi Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI). “Dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan OJK dalam Rangka Pengembangan Materi Edukasi dan Model Inklusi Keuangan bagi Perempuan, mayoritas peserta mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga,” kata Tuti.

Maka dari itu, OJK berupaya mendorong para perempuan dan ibu rumah tangga agar menjadi cerdas dan mandiri secara finansial, melalui berbagai program edukasi keuangan. Sejalan dengan strategi tersebut, OJK sangat mengapresiasi dan mendukung program #IbuBerbagiBijak yang diselenggarakan oleh Visa. “Diharapkan setelah mengikuti program ini, para peserta memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mengelola keuangan yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan keluarga,” lanjutnya. (Foto: Andim)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: