Ingin Menabung Terasa Lebih Ringan? Simak Tipsnya!

Anda bisa menjalankan tips menabung ini agar terasa lebih ringan.
, Majalah Kartini | 02/11/2017 - 19:03


MajalahKartini.co.id – kebanyakan orang sering kali mengeluh tidak dapat menyisihkan uangnya untuk menabung. Padahal banyak sekali yang ingin dibeli atau dibayar, seperti membayar DP rumah, membeli mobil baru atau gadget dan lainnya. Lantas, menurut Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Harianto Gunawan, tabungan justru memberikan kebebasan dan flesibilitas dalam mencapai tujuan keuangan dan membentuk kebiasaan keuangan yang baik kedepannya.

Ada beberapa tips menabung dari Harianto Gunawan, yang dapat Anda jalankan agar menabung terasa lebih ringan, yaitu.

1. Rencanakan anggaran keuangan
Sebaiknya Anda membuat anggaran keuangan bulanan dengan disiplin. Disarankan pula untuk melebihkan perkiraan pengeluaran bulanan sehingga pada akhir bulan nanti, Anda masih memiliki sisa uang untuk bisa ditabung.

2. Sisihkan tabungan dahulu
Sisakan terlebih dahulu uang yang Anda terima setiap bulannya. Tentukan terlebih dahulu jumlah uang yang perlu di sisakan, misalkan sebesar 10-12 persen dari gaji yang diterima. Uang tersebut dianggap sebagai “tagihan” yang tidak boleh digunakan.

3. Menabung dengan bijak
Carilah informasi terlebih dahulu tentang bank mana yang memberikan suku bunga tabungan terbaik untuk Anda. Sehingga nantinya Anda tidak menyesal karena salah memilih menabung di bank pilihan Anda.

4. Tabungan darurat
Akan lebih baik jika Anda menyisahkan uang untuk kebutuhan mendesak. Sehingga nantinya Anda tidak stres jika tiba-tiba uang tabungan untuk membeli mobil baru tertunda karena membutuhkan dana darurat. Jumalh uang ini biasanya senilai dengan jumlah pengeluaran harian selama 3 sampai 6 bulan.

5. Tentukan tujuan

Tentukan terlebih dahulu tujuan Anda membuat tabungan tersebut. Sehingga nanti memudahkan Anda melihat kemajuan dan tambahan dalam menabung. Anda bisa melakukannya dengan smart goals ini, tujuan yang spesifik seperti menabung untuk pergi liburan, tujuan yang terukur seperti biaya liburan yang dibutuhkan sebesar 10 juta dan uang yang ditabung sudah berapa juta, tujuan yang dapat tercapai seperti menabung cukup setiap minggu untuk biaya liburan tersebut, tujuan yang relevan seperti menginap di rumah penduduk atau home-share karena jauh lebih murah dibanding menginap di hotel dan tujuan dengan deadline, seperti liburan akhir tahun ini, maka saya berkomitmen menabung selama 6 bulan. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: