Indonesia Masih Minim Pengetahuan Soal Investasi

Berinvestasi merupakan salah satu kegiatan menabung yang dapat memberikan dampak positif dalam kebutuhan finansial seseorang.
, Majalah Kartini | 03/03/2017 - 16:35

Indonesia Masih Minim Pengetahuan Soal Investasi

MajalahKartini.co.id –  Hari Rajin Menabung yang jatuh pada hari Rabu setiap awal bulan yang telah ditetapkan oleh OJK dan perbankan, diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan di Indonesia. Hari Rabu dipilih karena kepanjangan dari “Rajin Menabung”. Dalam memperingati hari tersebut, Bukalapak mengajak masyarakat Indonesia untuk menggiatkan budaya berinvestasi reksadana melalui fitur BukaReksa di website Bukalapak.

Di Indonesia sendiri, kegiatan menabung merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Menurut data dan riset dari OJK, rasio simpanan masyarakat terhadap pendapatan nasional masih sangat rendah. Dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya yang memiliki rasio mencapai 49% di Singapura dan 46% di Filipina, Indonesia hanya memiliki rasio 36% (OJK, 2016).

Tidak hanya menabung saja, jumlah investor menurut data dari OJK pun tercatat hanya terdiri dari 340.000 individu. Minimnya edukasi dan pengetahuan untuk menabung serta berinvestasi menjadi hambatan untuk mengembangkan budaya tersebut di antara masyarakat Indonesia.

Fitur BukaReksa yang ditawarkan oleh Bukalapak merupakan sebuah sarana berinvestasi reksadana secara online. BukaReksa adalah produk investasi yang aman dan diawasi oleh OJK. BukaReksa telah mencetak prestasi, sejak dirilis kurang lebih satu bulan lalu kini tercatat sebagai Top 3 return performance per month sebesar 0.61% dan year-to-date sebesar 1.22% untuk produk kategori reksadana pasar uang (Bareksa, 2017). Hal ini tentunya memberikan rasa percaya diri di masyarakat bahwa berinvestasi reksadana di BukaReksa merupakan pilihan berinvestasi yang baik.

“Menjadi solusi berinvestasi reksadana dengan cara mudah dan aman, fitur BukaReksa telah mendapat respon yang positif dari masyarakat. Terhitung hingga hari ini, ada lebih dari 15.000 investor dengan belasan milyar rupiah telah diinvestasikan melalui fitur ini. Hanya dengan Rp10.000,- saja , seseorang sudah bisa memulai berinvestasi reksadana di BukaReksa Bukalapak,” ujar Achmad Zaky, Co-founder dan CEO Bukalapak dalam siaran persnya beberapa waktu lalu.

Melalui kesempatan ini, perusahaan e-commerce ini juga menawarkan promo menarik yang hanya akan ditawarkan di Hari Rajin Menabung pada tanggal 1 Maret 2017. Promo ini berlaku bagi pengguna bisnis online yang berinvestasi di BukaReksa dengan minimal dana senilai Rp200.000,- akan mendapatkan tambahan unit penyertaan sebesar 15% untuk 150 orang tercepat. Nilai maksimal yang akan ditambah dapat mencapai Rp30.000,- berdasarkan transaksi pertama.

“Bukalapak mengapresiasi dukungan masyarakat Indonesia terhadap fitur BukaReksa. Kami berharap dengan adanya fitur ini dapat terus mendorong minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi reksadana dengan cara yang mudah, aman, dan lebih menjanjikan,” tutup Achmad Zaky.(Foto : Dok. Bukalapak)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: